Lukisan Manusia Prasejarah Nongol di Gua Beloyot Kalimantan

Lukisan Manusia Prasejarah Nongol di Gua Beloyot Kalimantan

Goa Beloyot, Kalimantan (Foto: National Geographic Indonesia)

ZAMAN dari manusia prasejarah di Indonesia banyak ditemukan dan ditiru untuk dipajang di museum-museum. Tapi jika Anda ingin melihat satu bukti prasejarah asli, Anda bisa datang ke Berau, Kalimantan Timur dan melihat lukisan asli manusia gua.

Gua Beloyot yang tersembunyi di tengah hutan belantara Kalimantan bisa didatangi wisatawan awam. Di sana Anda bisa melihat lukisan di dinding gua, yang didominasi jiplakan tangan dengan semprotan warna merah bata.

Selain itu, seperti bisa dilihat di video Seputar Indonesia, Jumat (2/12/2016), ada juga lukisan sederhana manusia yang sedang berburu dan beberapa bentuk peralatan perang zaman prasejarah.

Sejumlah empat gua tersusun secara vertikal di Gua Beloyot tersebut. Gua-gua itu terletak di pegunungan karst yang membentang dari daerah Kutai Timur sampai Mangkaliat di Berau. Gua Beloyot sendiri berjarak 5,5 km dari kampung Merabu.

Karena jauh dari pemukiman, wisatawan harus menembus hutan lebat untuk menikmati hutan dan gua yang masih terlindungi dari vandalisme.

(fid)

Baca Juga

TOP TRAVEL 2: Tren Jalan-Jalan Naik Kapal Pesiar di 2017

TOP TRAVEL 2: Tren Jalan-Jalan Naik Kapal Pesiar di 2017