Direnovasi, Masjid Biru Istanbul Tetap Dibuka untuk Wisatawan

Direnovasi, Masjid Biru Istanbul Tetap Dibuka untuk Wisatawan

Masjid Biru, Istanbul Turki (foto: Raimund Franken/Ullstein Bild via Getty Images)

MASJID Biru di Istanbul merupakan bangunan yang sudah ada dari abad ke-17. Itu merupakan salah satu ikon wisata di Turki.

Namun, baru-baru ini, masjid sedang mengalami renovasi dan akan menghabiskan tiga hingga empat tahun. Terakhir masjid ini mengalami renovasi sekira 30 tahun lalu, tetapi belum selesai.

"Kami mengambil x-ray dari tanah di bawah masjid dan menyadari bahwa ada beberapa masalah dengan debit air bawah tanah," tutur pihak terkait renovasi ini, Adnan Ertem, dikutip dari Lonelyplanet, Jumat (2/12/2016).

Masjid akan direnovasi dengan mengganti bagian penutup luar kubah, sedangkan freestone dalam dan di luar masjid, menara masjid, lapisan marmer, ubin, dan pilar, semua akan diremajakan. Sementara yang tengah menjalani pemulihan adalah lapisan marmer luar dan sistem drainase, halaman, serta toilet.

Dikarenakan banyak lantai yang sudah dicuri sehingga mereka akan menggantikan yang hilang. Tentu saja dengan menggunakan gaya yang sama seperti orisinal.

“Masjid tetap dibuka untuk pengunjung dan sementara konstruksi akan dilindungi dengan anti suara,” jelasnya.

Masjid Biru ini adalah gedung photogenik dan merupakan proyek dari Sultan Ahmet 1 (1603–1617), yang makamnya dapat ditemukan di bagian utara masjid. Masjid ini juga terkenal sebagai Masjid Sultanahmet Camii dan sangat menakjubkan.

(fid)

Baca Juga

TOP TRAVEL 2: Tren Jalan-Jalan Naik Kapal Pesiar di 2017

TOP TRAVEL 2: Tren Jalan-Jalan Naik Kapal Pesiar di 2017