Bahaya Diet Yoyo Bisa Berdampak pada Kesehatan Jantung

Bahaya Diet Yoyo Bisa Berdampak pada Kesehatan Jantung

Ilustrasi (Foto: Sciencenews)

BEBERAPA waktu silan, diet yoyo menjadi sorotan karena efek penurunan berat badan yang singkat. Meski efek ini diingankan semua orang, ada efek samping yang justru merugikan kesehatan. Diet yoyo berisiko pada kesehatan jantung.

Diet yoyo juga memicu beberapa faktor lain, seperti peningkatan risiko kanker, diabetes, kerusakan arteri, kurangnya energi, atrofi otot, dan lemak tubuh yang kembali menumpuk. Berikut deretan dampak dari diet yoyo bagi kesehatan, dikutip dari Livestrong, Kamis (1/12/2016).

Risiko penyakit

Pembatasan kalori ekstrim merupakan salah satu praktik ekstrim di kalangan diet yoyo. Cara ini bisa meningkatkan hormon stres atau kortisol. Ketika hormon ini hadir dalam tubuh Anda dalam jangka waktu panjang, dapat memiliki efek kesehatan yang negatif. Bahkan, meningkatkan penyakit yang telah disebutkan di atas.

Kurang otot

Sementara diet yoyo mempromosikan pembasmian lemak tubuh dalam waktu singkat, tetapi dalam waktu jangka panjang Anda bisa mendapati kembali lemak ini. Rendahnya kalori bisa menyebabkan pengecilan otot dan membawa kelebihan lemak setelahnya. Inilah yang memicu penyakit kronis seperti jantung koroner dan diabetes tipe 2.

Kurang energi

Diet yoyo dapat memperlambat metabolisme tubuh dan menyebabkan seseorang kehilangan energi. Tak ada asupan kalori bagi tubuh, berarti membatasi fugnsi otak untuk berpikir, timbul rasa lelah, dan cepat marah.

Saatnya memulihkan diri

Jika sudah terlanjur menjalani diet yoyo, saatnya Anda memulihkan diri. Jangan lupa mengonsumsi banyak protein dan berolahraga. Lakukanlah keduanya untuk memulihkan metabolisme tubuh dan mendukung kerja hati yang bertugas membakar lemak.

(hel)

Baca Juga

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda