Puting Masuk ke dalam Bisa Jadi Gejala Kanker Langka

Puting Masuk ke dalam Bisa Jadi Gejala Kanker Langka

Ilustrasi (Foto: Yahoo)

PUTING punya bentuk, warna dan ukuran berbeda. Kondisinya pun bisa menyembul atau masuk ke dalam satu diantaranya atau bahkan keduanya.

Sebenarnya hal tersebut normal terjadi, lantaran puting mengikat kulit dan jaringan yang ada di bawahnya. Bagi beberapa wanita, puting yang distimulasi atau pada suhu dingin, kondisi puting masuk ke dalam bisa menyembul.

Tapi diperkirakan 10-20 persen wanita memiliki puting masuk ke dalam dan dikatakan perlu waspada akan berbagai penyakit yang menyerta, terlebih jika menunjukan gejala seperti ruam atau memerah.

Untuk mengembalikan kondisi puting normal dan permanen sebenarnya hanya ada satu cara, yakni dengan operasi plastik. Namun dalam kondisi tertentu puting bisa berubah jadi merah untuk menandakan penyakit tertentu, termasuk kanker payudara, inflamasi, atau bahkan jenis kanker langka yang melibatkan puting dan areola.

Jika sudah mengalami kondisi seperti ini, lebih baik segera konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Demikian sebagaimana dilansir Yahoo, Kamis, (1/12/2016).

(hel)

Baca Juga

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti