HARI AIDS SEDUNIA: Penanganan HIV/AIDS di Indonesia Terkendala Minimnya Fasilitas Memadai

HARI AIDS SEDUNIA: Penanganan HIV/AIDS di Indonesia Terkendala Minimnya Fasilitas Memadai

Ilustrasi (Foto: Timeslive)

MESKI belum ada obat yang ampuh menyembuhkan penyakit HIV/AIDS. Namun langkah penanggulangan penyakit ini bisa dilakukan untuk memperlambat virus sehingga membuat pengidapnya punya harapan hidup lebih lama.

Di Tanah Air sendiri, penanggulangan penyakit HIV/AIDS sudah dilakukan oleh para dokter dan tenaga medis lainnya, serta sudah tersebar di sejumlah daerah. Berbagai program penanggulangan penyakit mematikan ini juga sudah dijalankan.

Misalnya, dimulai dari penguatan deteksi dini hingga pelayanan konsultasi. Namun sayang, upayanya masih terbentur fasilitas yang belum memadai.

"Kami ada komite penanggulangan HIV/AIDS. Sudah ada bagiannya sendiri yang berperan akan hal itu," jelas Dr. Mahesa Paranadipa, MH Ketua bidang organisasi dan sistem informasi kelembagaan PB IDI kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Untuk deteksi dini, sebenarnya dokter sudah tahu metodenya seperti apa. Langkah lanjutan penanganannya pun demikian.

"Sebenarnya cara deteksi dan metodenya dokter itu sudah tahu. Tapi alatnya masih belum ada menyeluruh," tambahnya.

Lebih lanjut, jika ada masalah kesehatan akibat HIV/AIDS bisa dicover oleh dokter di layanan kesehatan primer, maka akan diatasi di sana. Tapi ketika ada penyakit penyerta lain yang butuh ditangani ke dokter spesialis, maka akan di rujuk ke tenaga medis terkait.

"Perkembangan penanggulangan ini dilakukan rutin," katanya.

(hel)

Baca Juga

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda