HARI AIDS SEDUNIA: Menkes Serukan Masyarakat untuk Tidak Takut Tes HIV

HARI AIDS SEDUNIA: Menkes Serukan Masyarakat untuk Tidak Takut Tes HIV

Menteri Nila Moeloek serukan masyarakat agar tidak takut tes HIV (Foto: Kemenkes/Twitter)

SURABAYA dipilih sebagai tempat untuk acara puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia 2016. Dalam kampanye yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) berpesan agar seluruh masyarakat tidak ragu-ragu untuk melakukan tes HIV.

Pada kesempatan ini, Menkes Nila mencanangkan gerakan ajakan Tes HIV untuk masyarakat umum. Ajakan tersebut dijuluki dengan slogan TOP, yang berarti Temukan orang dengan HIV AIDS (ODHA), segera Obati dengan antiretroviral (ARV), dan untuk Pertahankan kualitas hidup ODHA.

Menkes Nila mengatakan, pemerintah sangat peduli dengan program pencegahan dan pengendalian HIV AIDS. Sejak 2005- 2015 dilaporkan sebanyak 191.073 orang terinfeksi HIV di Indonesia.

“Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan penemuan kasus HIV yang tinggi. Bersama dengan Provinsi DKI Jakarta, Papua, Jawa Barat dan Jawa Tengah," ujar Menkes Nila lewat siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (1/12/2016).

Adapun faktor risiko penularan HIV terbanyak yaitu melalui hubungan seks yang berisiko pada heteroseksual sekira 66 persen, penggunaan jarum suntik tidak steril pada penasun sekira 11 persen, lelaki seks dengan lelaki sekira tiga persen, serta penularan dari ibu ke anak sekira tiga persen.

Sementara itu, tambah Menkes Nila, kampanye peduli HIV AIDS ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat seputar penyakit tersebut. Selain juga, dapat menggerakkan peran serta aktif masyarakat secara luas dalam upaya pencegahan penularan HIV. Sekaligus, menumbuhkan kesadaran tentang perlunya tes HIV untuk semua orang dan menghilangkan stigma untuk HIV.

“Semua masyarakat agar tidak ragu-ragu maupun takut dalam melakukan tes HIV. Tidak juga melakukan diskriminasi maupun stigma pada orang yang melakukan tes HIV, serta tidak menstigma orang yang terinfeksi HIV," tutupnya.

(hel)

Baca Juga

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti