Kolesterol Tinggi, Ini Bahayanya yang Harus Diwaspadai!

Kolesterol Tinggi, Ini Bahayanya yang Harus Diwaspadai!

Ilustrasi (Foto: Google)

KOLESTEROL bisa dialami siapa pun. Karena itu, saat kenali gejala, penyebab, dan bahaya kolesterol tinggi. Berikut ini penjelasan dari dr. Atika.

Kolesterol tinggi kerap hadir tanpa disadari. Makanan cepat saji, daging berlemak, dan gorengan adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan Anda mengalami kondisi berbahaya ini. Dikatakan berbahaya karena kolesterol tinggi bisa menyebabkan Anda terserang penyakit kardiovaskular, dan yang paling parah serangan jantung.

Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah suatu bentuk lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Substansi yang ini sebenarnya bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk pembuatan hormon. Namun bila kadarnya lebih dari normal, maka kesehatan tubuh Anda akan terganggu.

Dalam dunia medis, kadar kolesterol tinggi disebut dengan hiperkolesterolemia. Sayangnya, kondisi ini sering kali tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Karena umumnya, kolesterol tinggi hanya bergejala pusing kepala, tengkuk terasa pegal, mudah lelah, dan kesemutan, di mana hal tersebut juga bisa disebabkan oleh kondisi medis lainnya. Untuk itu, memeriksakan kadar kolesterol ke klinik atau pusat kesehatan terdekat adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah keluhan-keluhan tersebut didasari oleh kolesterol tinggi atau bukan.

Penyebab Kolesterol Tinggi

American Heart Association (AHA) dan NCEP Adult Treatment Panel III (ATP III) mendefinisikan kolesterol tinggi sebagai konsentrasi kolesterol darah yang lebih dari 240 mg. Artinya, apabila Anda memiliki kadar kolesterol kurang dari 240 mg, berarti kadar kolesterol Anda normal. Sedangkan jika kadar kolesterol Anda lebih dari 240 mg, berarti Anda mengalami kolesterol tinggi.

Salah satu faktor yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh riwayat keluarga (keturunan). Namun, yang menjadi faktor utamanya adalah gaya hidup yang Anda jalani. Salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Lemak jenuh dan lemak trans adalah kandungan dalam makanan yang bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Contoh makanan dengan kandungan tersebut adalah daging sapi yang berlemak, daging kambing, daging babi, kulit ayam, mentega, keju, dan krim.

Oh ya, makanan yang digoreng juga menyebabkan kolesterol tinggi. Apalagi, yang paling utama dan perlu Anda waspadai adalah makanan yang dimasak menggunakan minyak goreng yang dipakai berulang-ulang.

Bahaya Kolesterol Tinggi

Bahaya dari kolesterol tinggi adalah meningkatnya risiko serangan jantung. Serangan jantung (Penyakit Jantung Koroner) umumnya dirasakan sebagai gejala nyeri dada sebelah kiri yang khas. Namun tidak menutup kemungkinan dapat pula berupa kembung, mual, dan muntah.

Penyakit jantung koroner itu sendiri adalah penyakit yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah koroner. Pembuluh darah tersebut seharusnya bertugas memberikan pasokan oksigen dan nutrisi pada otot jantung.

Penyempitan tersebut disebabkan oleh penumpukan maupun penyumbatan pembuluh darah akibat plak aterosklerosis, yang salah satu komponennya adalah kolesterol. Dengan kata lain, saat kadar kolesterol lebih tinggi dari nilai normal, maka plak aterosklerosis akan terbentuk lebih banyak.

Kondisi kolesterol tinggi yang dibarengi dengan adanya kondisi lain –seperti kegemukan, diabetes, serta gaya hidup sedentary, dan merokok– maka serangan jantung akan semakin mungkin terjadi.

Tak hanya risiko serangan jantung, risiko terjadinya penyakit lain yang memiliki dasar penumpukan plak aterosklerosis, seperti stroke dan nyeri kaki akibat penyempitan pembuluh darah tepi, juga bisa ikut meningkat. Serangan jantung semakin merambah ke usia yang lebih muda. Jangan sampai kondisi ini terjadi dan menurunkan kualitas hidup Anda. Segera lakukan perubahan gaya hidup dan pola makan, serta berolahraga secara rutin dan teratur sekarang juga!

(tty)

Baca Juga

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti