Guys, Berat Badan Pengaruhi Kualitas Sperma Lho!

Guys, Berat Badan Pengaruhi Kualitas Sperma Lho!

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

INGIN segera miliki momongan? Jangan asal tancap gas dulu, coba cek berat badan Anda sebelum program kehamilan. Pasalnya, indeks massa tubuh dapat memengaruhi kualitas sperma.

Karena itu, penting bagi pria untuk menjaga kesehatan dan indeks massa tubuhnya. Perlu diketahui, indeks massa tubuh merupakan suatu poin yang didapat dari rasio tinggi badan dan indeks massa tubuh (berat badan).

Biasanya, nilai indeks massa tubuh normal sekira 18,5-25. Sementara nilai di atas 25 dianggap memiliki kegemukan, serta di atas 30 sudah masuk klasifikasi obesitas.

Kalkulasi perhitungan indeks massa tubuh ini bisa dihitung dengan rumus: berat badan x tinggi badan ². Hasilnya bisa disebut indeks massa tubuh. Mau coba hitung? apakah Anda memiliki indeks massa tubuh normal atau obesitas? Berikut contohnya.

Jika Anda memiliki berat badan 75 kilogram dan tinggi 169 centimeter. Maka perhitungannya dapat dimulai dari tinggi badan lebih dulu. 169 centimeter = 1,69 x 1,69 yang hasilnya 2,85. Kemudian bagi berat badan dengan hasil perhitungan tinggi badan. Sehingga perhitungannya 75:2,85 = 26.31. Dalam klasifikasi tersebut indeks massa tubuh Anda masuk dalam kategori gemuk.

Lantas apa pengaruhnya dengan kualitas sperma? Sebuah studi menemukan fakta baru dengan tes dan survei. Ditemukan bahwa mereka yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25 memiliki risiko tinggi untuk mengalami penurunan jumlah dan kualitas sperma.

Kondisi kelebihan lemak dan kolesterol yang tersimpan di dalam tubuh dapat menurunkan proses metabolisme dalam menghasilkan sperma. Sehingga berdampak pada penurunan jumlah serta kualitas sperma. Dengan kata lain, mereka yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25 berisiko alami kemandulan. Demikian sebagaimana dikutip laman Boldsky, Kamis (1/12/2016).

(hel)

Baca Juga

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti