Gelatin Bisa Redakan Nyeri Sendi Lho

Gelatin Bisa Redakan Nyeri Sendi Lho

Gelatin meredakan nyeri (Foto: Carebodyhair)

MENGONSUMSI gelelatin secara rutin dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Protein inilah yang berperan dalam meningkatkan kesehatan tulang dan sendi.

Rutin konsumsi gelatin dapat meredakan nyeri sendi dengan dua cara. Pertama, memperkuat tulang secara langsung dan kedua, dengan meningkatkan kolagen yang mana dapat berfungsi dalam menjaga kesehatan tulang, mengurangi risiko peradangan dan memperbaiki fungsi persendian.

Produk pangan yang terbuat dari protein hewani tersebut mengandung chondroitin, di mana senyawa tersebut mampu membuat tulang rawan menyerap air ke dalam serat untuk mempertahankan fleksibilitas dan mobilitas persendian.

Sebenarnya studi terkait khasiat gelatin dan kolagen sendiri telah lama digunakan dalam pengobatan osteoarthritis dan osteoporosis. Tulang rawan yang menyerap nutrisi tersebut diketahui mampu menjadi pelumas alami dan memperkuat jaringan ikat sendi, sehingga efektif dalam mengurangi rasa sakit atau nyeri sendi.

Untuk hasil yang lebih efektif, ternyata penyerapan dan fungsi kolagen dari gelatin cukup memakan waktu lama.

"Tiga ada perbedaan signifikan setelah kelompok kontrol dan kelompok yang minum suplemen kolagen dalam mengurangi nyeri sendi. Tapi ketika dikonsumsi 6 bulan, maka dampaknya ada perubahan dan pengurangan nyeri di persendian punggung, lengan dan kaki," tertulis dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapeutic Medicine pada 2012," seperti dikutip Dailyhealthpost, Kamis (1/12/2016).

(hel)

Baca Juga

<i>Sstt</i>...Terungkap Panjang Mr P Ideal yang Diidamkan Wanita

Sstt...Terungkap Panjang Mr P Ideal yang Diidamkan Wanita