Badan Pegal saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Sebabnya

Badan Pegal saat Bangun Tidur? Mungkin Ini Sebabnya

Ilustrasi (Foto: Google)

APAKAH ketika bangun tidur badan Anda terasa pegal? Mungkin enam kondisi ini yang menjadi penyebabnya, sebagaimana penjelasan dari dr. Dyah Novita Anggraini.

Tidur adalah waktu untuk mengistirahatkan jiwa dan raga, agar segar dan semangat untuk beraktivitas esok harinya. Namun tak jarang, di saat terbangun badan justru menjadi pegal-pegal. Apa yang salah?

Badan pegal saat bangun tidur memang tidak jarang terjadi. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh:

1. Salah posisi tidur

Posisi tidur yang salah selama beberapa jam akan menyebabkan aliran darah pada bagian tubuh tertentu menjadi berkurang. Akibatnya, asupan oksigen di area tersebut menjadi menurun. Hal ini akan menyebabkan penumpukan asam laktat, yang dapat memicu rasa nyeri dan pegal di area tersebut.

2. Asupan makanan yang salah

Pegal saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh asupan makanan yang salah. Pasalnya, terlalu banyak asupan berkarbohidrat akan berdampak pada otot-otot tubuh yang lemah dan nyeri.

3. Kurang olahraga

Selain membuat tubuh aktif bergerak, olahraga juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan demikian, oksigen dapat terpasok ke seluruh bagian tubuh dengan sempurna. Jika Anda kurang berolahraga, maka oksigen tidak akan diedarkan secara sempurna ke seluruh tubuh. Bagian tubuh yang pertama kali terkena dampaknya adalah otot, yang terasa kaku dan berujung pada pegal-pegal di seluruh tubuh.

4. Kelebihan berat badan

Di saat tidur, seseorang dengan berat badan berlebih akan sendi-sendi di tubuhnya tertekan. Jika terjadi secara terus-menerus, sendi akan semakin tegang. Dengan demikian, sendi dan otot akan terasa pegal bahkan nyeri.

5. Olahraga berat

Olahraga berat, seperti angkat beban, dapat membuat seluruh otot, sendi dan ligamen menegang. Kondisi ini dapat menyebabkan badan terasa pegal dan kram saat bagun tidur.

6. Penyakit fibromyalgia

Fibromyalgia adalah penyakit yang menyebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh wanita, dan hingga saat ini belum diketahui latar belakangnya.

Apabila keluhan pegal saat bangun tidur terus dirasakan dan sangat menganggu Anda, mulailah untuk menerapkan pola hidup lebih sehat dengan rutin berolahraga dan cukup istirahat. Namun jika keluhan tidak membaik juga, segera hubungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

(tty)

Baca Juga

Waspada, Hamil Anggur Bisa Sebabkan Kanker

Waspada, Hamil Anggur Bisa Sebabkan Kanker