HARI AIDS SEDUNIA: Awas, Oral Seks Berisiko Tularkan HIV

HARI AIDS SEDUNIA: Awas, Oral Seks Berisiko Tularkan HIV

Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

SEPERTI banyak penyakit lainnya, HIV terjadi akibat gaya hidup, terutama seks bebas. Penyakit ini sesungguhnya dapat dicegah dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks pada pasangan yang aktif.

Karena banyak sekali penyebab terjadinya penyakit HIV tanpa kita sadari. Sayangnya, tidak cuma menular antar pasangan, tetapi juga menular di antara ibu dan anak.

Berikut adalah cara penularan paling sering penyakit HIV yang dialami banyak orang. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Kamis (1/12/2016).

Oral seks

Banyak orang merasa bahwa HIV hanya dapat menular melalui hubungan seks genital tanpa kondom. Tapi bisa juga lho ketika Anda melakukan oral seks dengan kondisi mulut luka seperti sariawan, bisa menyebabkan HIV karena luka itu mengandung banyak virus.

Berciuman

Meskipun kemungkinan sangat rendah, jika salah satu dari pasangan terpapar HIV dapat menularkan setelah berciuman. Karenanya, ciuman melibatkan pertukaran air liur antara pasangan dan mudah terinfeksi.

Menggunakan tato

Orang yang memakai tato juga berisiko menderita HIV. Itu terjadi jika menggunakan satu jarum tato sama yang disuntikkan ke kulit. Maka pintar-pintarlah mencegah HIV sejak awal. Kalau perlu, beli jarum tato yang baru secara individu agar aman digunakan.

(hel)

Baca Juga

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda