HARI AIDS SEDUNIA: Berbagi Pisau Cukur Bisa Tularkan HIV?

HARI AIDS SEDUNIA: Berbagi Pisau Cukur Bisa Tularkan HIV?

Jangan berbagai pisau cukur dengan siapa pun (Foto: Howstuffworks)

PENDERITA yang terinfeksi HIV-AIDS tak melulu akibat hubungan seks bebas. Ada banyak penyebabnya yang mungkin bisa mengancam diri Anda dalam kehidupan sehari-hari.

HIV dapat ditularkan dari banyak macam penyebab, seperti menggunakan pisau cukur bersamaan. Maka Anda harus mewaspadainya dengan melakukan tes HIV minimal enam bulan sekali untuk deteksi dini. (Baca: HARI AIDS SEDUNIA: Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar HIV AIDS)

Tidak cuma itu, tiga penyebab sederhana berikut inilah yang membuat seseorang terinfeksi HIV. Penasaran bukan?

Penggunaan alat medis yang tidak higienis

Mungkin beberapa dokter melakukan penggunaan jarum suntik yang sama untuk pasiennya. Padahal cara ini justru mambahayakan nyawa pasien, karena sangat besar berisiko mengidap HIV. Sebagai pasien, Anda harus aktif menanggapi sang dokter. Tanyakan dengan benar, apakah jarum suntik yang bakal Anda gunakan itu baru atau bekas ya?

Memakai pisau cukur yang sama

Berbagi pisau cukur atau sikat gigi dengan orang yang terinfeksi HIV juga memicu Anda menjadi tertular. Darah yang mungkin menempel akibat luka terbuka dalam tubuh yang menyebabkan bahaya terjadinya penularan HIV. Hati-hati!

Gigitan nyamuk

Meskipun kemungkinan gigitan nyamuk menyebarkan virus HIV sangat rendah, tapi belum tentu dipercayai. Banyak kasus orang menderita HIV karena gigitan nyamuk. Karena itu Anda harus mewaspadainya! Demikian dikutip Boldsky, Kamis (1/12/2016).

(hel)

Baca Juga

Waspada, Hamil Anggur Bisa Sebabkan Kanker

Waspada, Hamil Anggur Bisa Sebabkan Kanker