Rajin Makan Melon Jaga Kesehatan Jantung Lho

Rajin Makan Melon Jaga Kesehatan Jantung Lho

Rajin makan melon jaga jantung sehat (Foto: Greatist)

BERUNTUNG bagi Anda yang menjadikan melon sebagai buah favorit. Pasalnya, buah manis dan segar ini mampu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, ada sejumlah makanan lain yang punya khasiat yang sama dalam menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko penyakit jantung. Apa saja? Berikut pemaparan selengkapnya, seperti dikutip Livestrong, Jumat (2/12/2016).

Kacang-kacang

Berbagai jenis kacang-kacangan telah lama diyakini sebagai superfood kaya manfaat. Menurut ahli gizi dr. Keith Kantor, nutrisi yang terkandung pada kacang-kacangan dapat mengikat kolesterol di dalam usus sebelum kolesterol itu menyebar ke pembuluh darah. Karenanya, aneka jenis kacang-kacangan termasuk penganan sehat untuk jantung. Jenis kacang-kacangan itu bisa berupa kacang almond, kenari, walnut, havermut, kacang mede dan kacang lainnya.

Quinoa

Quinoa mengandung protein dan dua kali lipat lebih banyak serat dari jenis padi-padian lainnya. Kemudian quinoa juga kaya akan antioksidan serta lemak tak jenuh yang hampir serupa dengan minyak zaitun. Dikatakan banyak ahli, konsumsi quinoa dapat menjadi alternatif protein bagi vegetarian.

Ikan salmon

Rutin mengonsumsi ikan salmon secara teratur setiap pekan dapat memperbaiki aliran darah dan fungsi jantung dalam memompa darah. Ikan salmon mengandung asam lemak omega3 yang juga mengatur irama jantung agar lebih stabil.

Oatmeal

Selain dapat mengontrol berat badan. Rutin makan oatmeal juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Ahli diet Bridget Swinney mengatakan oatmeal yang terbuat dari gandum utuh sebaiknya selalu ada dalam separuh pola makan sehari-hari karena khasiatnya dapat menurunkan risiko stroke juga.

Melon

Buah melon kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya seperti vitamin B, K, kalium, folat, magnesium dan serat. Banyak penelitian telah membuktikan khasiat jika rutin konsumsi melon dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tak ketinggalan juga kandungan antioksidannya yang mampu menangkal radikal bebas dan melindungi kerusakan sel.

(hel)

Baca Juga

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda