HARI AIDS SEDUNIA: Stigma Jadi Kendala Utama Pemberantasan HIV/AIDS

HARI AIDS SEDUNIA: Stigma Jadi Kendala Utama Pemberantasan HIV/AIDS

Ilustrasi (Foto: Xinhuanet)

PEMBERANTASAN kasus HIV/AIDS di Indonesia masih terkendala. Salah satunya, mengubah pandangan atau stigma masyarakat terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS).

"Sekarang salah satu upaya getting to zero HIV di Indonesia adalah mengubah stigma terhadap ODHA. Masih banyak yang mengucilkan," jelas dr. Sasanto Ketua Komite Program Yayasan AIDS Indonesia, di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Menurutnya, stigma masyarakat terhadap pengidap HIV/AIDS masih buruk. Masih ada masyarakat yang percaya pada mitos mengenai HIV/AIDS.

Misalnya mengucilkan ODHA, menganggap bahwa HIV adalah penyakit terkutuk karena dapat menular ke anak, keluarga malu karena ada salah satu dari keluarganya mengidap penyakit ini, sehingga tidak ada support mental sehingga penanganan jadi terlambat dan lain sebagainya.

Biasanya hal itu disebabkan oleh kurangnya informasi terkait HIV/AIDS. Karenanya kegiatan preventif dan informasi lengkap seputar HIV/AIDS perlu ditanamkan sejak dini.

"Kita pernah lakukan langkah prevention kepada pekerja, ternyata tak membuahkan hasil. Lalu turun ke kalangan anak sekolah (SMA-Red), ternyata kurang efektif dan preventif dilakukan di sekolah SMP. Setidaknya mereka tahu akan HIV/AIDS dan berani ambil tindakan tidak pakai narkoba, tidak seks bebas dan pencegahan lainnya," ungkapnya.

(hel)

Baca Juga

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda

6 Manfaat Menangis terhadap Kesehatan Anda