HARI AIDS SEDUNIA: Penyebab Kasus HIV/AIDS Tertinggi pada Ibu Rumah Tangga

HARI AIDS SEDUNIA: Penyebab Kasus HIV/AIDS Tertinggi pada Ibu Rumah Tangga

Ilustrasi (Foto: Usnews)

DATA dari laman Sehatnegeriku.Kemkes, Kamis (1/12/2016), jumlah kasus AIDS di Indonesia dilaporkan tertinggi diidap ibu rumah tangga dengan 10.626. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Disampaikan dr. Sasanto Ketua Komite Program Yayasan AIDS Indonesia, penyebab tingginya angka HIV/AIDS pada ibu rumah tangga ditularkan oleh suaminya sendiri. Namun sayang, belum ada kajian lebih lanjut terkait penyebab para suami mengidap HIV.

"HIV pada ibu rumah tangga biasanya ditularkan dari suami. Nah suaminya belum tahu dapat dari mana," jelasnya di Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Untuk menekan angka HIV/AIDS pada ibu rumah tangga. Menurut dr. Sasanto, langkah yang harus ditempuh pasangan suami istri adalah dengan melakukan tes HIV bersama.

Dengan begitu, setidaknya penyebaran HIV/AIDS bisa dicegah. Setelah terdeteksi, maka langkah yang perlu dilakukan pasangan suami istri adalah dengan menggunakan kondom seumur hidupnya.

"Kalau ada 1 yang terkena HIV maka berhubungan seks harus pakai kondom selamanya," tambahnya.

Ketika pasangan suami istri hendak memiliki momongan. Konsultasikan ke dokter untuk penanganan kehamilan yang tepat agar HIV tidak menurun ke anak.

"Kalau mau hamil segera konsultasi ke dokter biar ada penanganan lebih lanjut. Bisa dengan inseminasi atau metode kehamilan lainnya," pungkasnya.

(hel)

Baca Juga

Tips Mencegah Terserang Demam di Musim Hujan

Tips Mencegah Terserang Demam di Musim Hujan