Manfaat Luar Biasa dari Kejujuran jika Diajarkan sejak Dini

Manfaat Luar Biasa dari Kejujuran jika Diajarkan sejak Dini

Pola asuh (Foto: Parenting)

DARI ribuan nasihat orangtua, setidaknya ada satu yang 'menempel' di kepala, dan menjadi pegangan yang diterapkan hidup. Ajaibnya, nasihat itu ternyata memberi banyak imbas positif dalam menjalani kehidupan.

Ya, itulah yang disampaikan Drs. Hanna Djumhana Bastaman MPSi dalam kuliah umum bertema ''Knowing and Creating Happiness'' di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Menurutnya, setiap melakukan satu perbuatan baik, maka akan mendatangkan banyak kebaikan lainnya.

"Tidak hanya itu, satu perbuatan baik juga akan menghilangkan perbuatan-perbuatan buruk. Maka, cobalah memelihara satu perbuatan baik secara konsisten," kata Pak Hanna di hadapan para mahasiwa yang hadir, belum lama ini.

Pria yang juga penulis buku Integrasi Psikologi dalam Islam ini kemudian berinteraksi dengan Mahasiswa. Ia bertanya, siapa yang masih ingat dengan nasihat orangtua dan menerapkannya hingga kini? Kemudian, dijawab oleh seorang Mahasiswi bernama Dian. Bahwa ia selalu ingat kalau orangtuanya pernah berkata, "Ke mana pun kamu pergi, di mana pun berada, dan dalam kondisi apa pun, jadilah orang yang jujur." Seketika Pak Hanna menanggapi nasihat tersebut.

"Jujur, hanya satu perbuatan, tapi dampaknya besar. Anda dipercaya, menjadi orang yang amanah, memiliki peluang menjadi pemimpin, percaya diri, dan punya banyak teman. Siapa orang yang tidak berteman dengan jujur? Dari jujur itu Anda juga dihargai, bertanggung jawab dan disiplin," urainya lebih lanjut.

Berikutnya ia menjabarkan fakta dari satu perbuatan baik adalah menghilangkan keburukan. Ia pun menyebutkan satu persatu.

"Karena jujur, Anda tidak digosipkan dengan orang, orang jujur selamat dari fitnah, dilindungi dari pengaruh negatif, dan lain sebagainya.

(vin)

Baca Juga

TOP FAMILY 1: Ditanya tentang Jodoh, Ini Jawaban Paling Bijak

TOP FAMILY 1: Ditanya tentang Jodoh, Ini Jawaban Paling Bijak