Mencerdaskan Anak Dimulai dari Hal Sederhana

Mencerdaskan Anak Dimulai dari Hal Sederhana

Pola asuh (Foto: Huffingtonpost)

MEMBUAT anak memiliki kepribadian cerdas memang susah-susah gampang. Dimulai mendidik dari lingkungan keluarga hingga sekolah harus kompak. Namun, ada hal sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk mendidik anak. Lantas, hal apa saja itu?

Pembina Bunda Pintar Indonesia Zita Anjani mengatakan, lingkungan sekolah dan pengajaran dari para guru sangat berperan dalam mencerdaskan anak. Hal ini bisa dimulai sejak dini, salah satunya bisa dimulai dari mengajak untuk menyalurkan hobi olahraga.

''Itu sebabnya, kami mengajak para guru, terutama guru PAUD dan TK a‎gar menggiatkan kegiatan olahraga, termasuk senam sehat, kepada anak d‎idik mereka, agar kelak anak didik mereka terbiasa melakukan olahraga p‎ada saat beranjak dewasa nanti. Ujungnya, bakal tercipta mens sana in c‎orpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang s‎ehat,'' ungkap Zita Anjani, di sela kegiatan senam sehat, di Jakarta belum lama ini.

Kegiatan senam sehat ini termasuk dalam rangka kegiatan Peringatan Hari Guru ke-71. Acara ini juga sebagai bentuk wujud tercapainya jumlah tenaga pengajar y‎ang telah berpartisipasi dalam kegiatan Bunda Pintar Indonesia, yakni lebih dari 1.400 guru.

Sementara itu, Psikolog Anak, Efnie Indriyani mengatakan, dalam melatih kecerdasan anak, orangtua butuh variasi. Ia menyarankan agar anak dilatih untuk berpikir dan melakukan hal-hal yang kreatif.

Sehingga, anak sejak kecil akan terbiasa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, hal tersebut yang menjadi dasar dalam proses berpikir ketika mereka dewasa.

(vin)

Baca Juga

Cara Islam Mengajarkan Seseorang tentang Dasar Disiplin

Cara Islam Mengajarkan Seseorang tentang Dasar Disiplin