Resep Wedang Ronde Siap Hangatkan Badan setelah Mandi Hujan

Resep Wedang Ronde Siap Hangatkan Badan setelah Mandi Hujan

Wedang rondeng untuk hangatkan tubuh (Foto: Ilustrasi/Soloraya)

 

SIANG ini Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan, suasana dari kemarin juga syahdu dengan matahari yang sepanjang hari tertutup awan. Tentu ini membuat suasana menjadi dingin dan cukup menusuk tubuh. Yang dibutuhkan tentu asupan makanan dan minuman hangat.

Dikutip dari buku 60 Resep Dessert & Minuman Anti Gagal karya Fatmah Bahalwan, berikut resep wedang ronde, salah satu minuman khas Indonesia yang bisa jadi penghangat sekaligus pereda flu saat datang musim hujan, Jumat (2/12/2016).

Bahan-bahan

200 gr tepung beras ketan

200 ml air

1 sdt air kapur sirih

100 gr kacang tanah

Pewarna makanan secukupnya

2 liter air untuk merebus

Kuah Jahe

1 liter air

200 gr gula pasir

7 lembar daun jeruk purut

100 gr jahe, memarkan

1 batang kayu manis

Cara membuat

1. Masak air hingga mendidih;

2. Campur 200 ml air dan air kapur sirih, tuangkan pada tepung beras ketan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga bisa dipulung. Bagi adonan menjadi tiga masing-masing diberi pewarna merah, kuning dan hijau;

3. Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan kacang tanah cincang, bulatkan lalu masukkan dalam air mendidih, biarkan mengapung, angkat;

4. Air jahe : Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Biarkan mendidih selama 10 menit lagi supaya aroma jahe dan kayu manis keluar. Angkat dan tuang bersama ronde.

(ndr)

Baca Juga

5 Makanan Unik & Lezat yang Bisa Disantap saat Liburan di Disneyland

5 Makanan Unik & Lezat yang Bisa Disantap saat Liburan di Disneyland