Pencipta Hamburger Big Mac, Michael "Jim" Delligatti Tutup Usia

Pencipta Hamburger Big Mac, Michael

Pencipta burger big mac meninggal dunia (Foto:Huffpost)

SIAPA yang tidak pernah menyantap hamburger berukuran besar khas restoran cepat saji McDonald yaitu Big Mac?

Ya, rasanya setiap orang paling tidak sekali dalam hidupnya pasti pernah mencicipi salah satu menu makanan ikonik dari restoran cepat saji tersebut. Bicara soal hamburger Big Mac, namun sayangnya kini ada kabar menyedihkan yang datang.

Seperti dilansir Huffingtonpost, Jumat (2/12/2016) diberitakan bahwa Michael “Jim” Delligatti yaitu sang creator alias pencipta Big Mac  tutup usia pada Senin, 28 November 2016. Pria yang akrab disapa Jim tersebut meninggal pada uSIA 98 tahun. Jim disebutkan menghembuskan nafas terakhirnya di kota Pittsburgh, Amerika Serikat. Kota yang sama di mana ia membuka gerai franchise McDonald untuk pertama kalinya.

Diberitakan pula bahwa Jim pertama kali menghadirkan hamburger Big Mac tiga lapis buatannya tersebut kepada para pelanggan di Kota Uniontown, Pennsylvania pada 1967. Ialah sosok di balik bagaimana hamburger yang berisi dua lapis daging patties, keju, selada, bawang bombay, pickles yang kemudian diberi olesan ‘saus rahasia’ dan taburan biji wijen ini bisa akhirnya tercipta, menjadi menu yang ikonik hingga akhirnya masuk ke dalam daftar menu nasional pada 1968.

Menu Big Mac memang memberikan kontribusi besar bagi imej dari restoran cepat saji ini, karena terjual lebih di 100 negara di penjuru dunia. Bahkan penjualan Big Mac di wilayah Amerika saja mencapai nilai taksir USD550 juta atau sekira Rp7,4 trilIun pada 2007.

Selain berbisnis, Jim yang memiliki 47 buah gerai McDonald di seluruh area Pennsylvania, Amerika Serikat ini juga tidak lupa untuk tetap berbagi dengan sesama lewat yayasan Pittsburgh’s Ronald McDonald House yang ia bangun pada 1979. Di mana yayasan yang Jim dirikan ini menyediakan sarana akomodasi bagi setiap keluarga yang anak-anaknya menerima tindakan medis di sekitar area tersebut.

(ndr)
Berita Rekomendasi Michael “Jim” Delligatti

Baca Juga

5 Makanan Unik & Lezat yang Bisa Disantap saat Liburan di Disneyland

5 Makanan Unik & Lezat yang Bisa Disantap saat Liburan di Disneyland