Ada Aksi 212 di Monas, Ini Destinasi Wisata yang Tak Bisa Diakses

Ada Aksi 212 di Monas, Ini Destinasi Wisata yang Tak Bisa Diakses

Demo Super Damai 212 di Monas (foto: Arif Julianto/Okezone)

AKSI 212 yang dilakukan di sekitar ikon Kota Jakarta, Monas, membuat penutupan dan pengalihan jalur harus dilakukan. Karenanya sejumlah akses menuju beberapa tempat wisata yang biasa dikunjungi masyarakat dan turis terhalang.

Menurut informasi rekayasa lalu lintas dari Polda Metro Jaya terkait Aksi 212, Jumat (2/12/2016), berikut adalah tempat wisata yang kemungkinan tidak bisa diakses umum.

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas adalah titik utama aksi 212 akan ditempati ratusan ribu pengikut aksi damai tersebut. Monas sendiri ditutup hari ini untuk wisatawan dan akan sulit diakses karena penutupan akses dari Jalan Merdeka Barat dan Utara.

Monas yang didirikan pada 1959 dan diresmikan pada 1961 selalu ramai dikunjungi wisatawan, entah untuk masuk ke dalam Monas atau berekreasi di sekitar taman dan hutan kota yang memiliki luas sekira 80 hektar.

Museum Nasional

Museum yang juga lebih dikenal dengan Museum Gajah terletak di Jalan Merdeka Barat. Arus lalu lintas menuju Jalan Merdeka Barat dari jalan Sudirman dialihkan ke Kebon Sirih. Dengan demikian, wisatawan tentunya tidak bisa datang ke museum tersebut.

Museum Nasional di Gedung A menyimpan banyak koleksi artefak kuno Indonesia zaman prasejarah dan sejarah. Gedung B yang ditambahkan pada 2007 juga menjadi daya tarik baru bagi wisatawan karena sering menampilkan pameran menarik.

Baru-baru ini, Museum Nasional menggelar Pameran Storyline Museum Nasinoal Baru yang diadakan mulai Desember sampai tanggal 22. Dikutip dari laman Kemendiknbud, pameran ini adalah langkah untuk memulai revitalisasi museum yang akan dilakukan di Gedung A selama 1,5 tahun dan menambah Gedung C.

Pusat Perbelanjaan di Kawasan Tanah Abang

Beberapa tempat yang menjadi pusat perbelanjaan di kawasan Tanah Abang juga akan ditutup sementara. Mengingat banyak jamaah yang melakukan Aksi 212 melintasi daerah tersebut.

(fid)

Baca Juga

TOP TRAVEL 2: Tren Jalan-Jalan Naik Kapal Pesiar di 2017

TOP TRAVEL 2: Tren Jalan-Jalan Naik Kapal Pesiar di 2017