Kenali Tanda-Tanda Tubuh Anda Mulai Dehidrasi

Kenali Tanda-Tanda Tubuh Anda Mulai Dehidrasi

Kenali tanda-tanda tubuh Anda mulai dehidrasi (Foto: German Neurosience Center)

DEHIDRASI bisa berdampak buruk terhadap kesehatan,seperti awalnya mengalami pusing, mual dan lemas. Setiap orang berisiko mengalami dehidrasi, terutama bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan.

Karena itu, sangat penting bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan untuk mendeteksi dini gejala dehidrasi agar bisa melakukan upaya pencegahan. Berikut gejala-gejala awal tubuh mengalami dehidrasi yang dilansir Thehealthsite:

Kulit kering

Ketika Anda mengalami dehidrasi, volume darah tidak cukup, sehingga kulit cenderung kering. Jadi, periksa ke dokter jika mengalami kulit kering dan gatal.

Rasa haus meningkat

Haus yang berlebihan adalah salah satu gejala yang paling terlihat dari dehidrasi. Ini adalah cara tubuh memberitahu bahwa cairan di tubuh hampir habis.

Bau mulut

Dehidrasi dapat mencegah tubuh kekurangan air liur. Ketika air liur tidak diproduksi di dalam mulut, maka ada pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Pusing

Anda mungkin mengalami pusing ketika dehidrasi. Hal ini karena energi menurun ketika tubuh kekurangan cairan, sehingga kepala pusing.

Jarang buang air kecil

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka Anda tidak akan sering buang air kecil. Selain itu, periksa warna urin untuk mengetahui apakah Anda dehidrasi. Warna urin oranye dan kuning menunjukkan Anda mengalami dehidrasi.

Sembelit

Salah satu tanda paling sering terjadi saat dehidrasi adalah sembelit. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menghambat kerja usus, sehingga menyebabkan sembelit.

(hel)

Baca Juga

Waspada, Hamil Anggur Bisa Sebabkan Kanker

Waspada, Hamil Anggur Bisa Sebabkan Kanker