Cara Cepat Menghilangkan Perut Buncit

Cara Cepat Menghilangkan Perut Buncit

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PERUT yang buncit tidak hanya mengurangi rasa percaya diri, namun juga berdampak buruk bagi kesehatan. Tidak perlu khawatir, begini cara mengatasinya, sebagaimana penjelasan dari dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc.

Perut buncit merupakan kondisi yang kelihatannya sudah umum terjadi. Masalahnya, tak hanya mengganggu penampilan saja, tapi kondisi ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Perut buncit mencerminkan kandungan lemak tubuh yang berlebih. Ukuran lingkar perut yang berlebih ini dikaitkan dengan meningkatnya risiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung.

Nah, salah satu kegiatan yang baik untuk menghindari perut buncit adalah latihan otot perut. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk ab crunch, plank, sit up, dan sebagainya.

Dengan mempelajari teknik-teknik yang tepat, Anda dapat melatih otot perut menjadi lebih kuat. Dengan demikian, lemak di sekitar perut akan berkurang dengan sendirinya.

Karena aktivitas tersebut tidak membutuhkan waktu lama, Anda dapat melakukannya di sela-sela kegiatan. Misalnya saat bangun pagi, pada jam istirahat makan siang di kantor, saat santai di sore hari, dan di waktu-waktu lainnya.

Bila rajin melakukannya, upaya Anda tentu dapat membuahkan hasil yang baik. Berbagai penelitian mengemukakan bahwa aktivitas High Intensity Interval Training (HIIT) dapat membantu mengurangi lemak yang berlebih di daerah sekitar perut.

Apa yang dimaksud dengan HIIT? HIIT merupakan aktivitas di mana intensitas dari latihan di bagi menjadi periode-periode tertentu. Aktivitas dilakukan secara selang-seling, antara intensitas rendah dan intensitas tinggi.

Jadi, selain melatih otot perut, Anda juga disarankan untuk melakukan aktivitas ini beberapa kali dalam seminggu. Tapi, tak hanya itu. Perhatikan juga pola makan sehari-hari.

Mengurangi kadar asupan gula merupakan salah satu strategi yang baik. Selain itu, konsumsi protein dalam jumlah yang memadai juga merupakan pilihan tepat untuk menurunkan lemak perut secara jangka panjang.

Ingat, tak ada cara cepat nan instan untuk menghilangkan perut buncit. Namun kepatuhan dan kedisiplinan dalam melakukan aktivitas fisik dan pola makan yang baik bagi tubuh merupakan dua kunci utama untuk mencapai perut ideal.

(tty)

Baca Juga

Tips Mencegah Terserang Demam di Musim Hujan

Tips Mencegah Terserang Demam di Musim Hujan