Efek Gas Air Mata yang Harus Diwaspadai Massa Aksi Damai 212

Efek Gas Air Mata yang Harus Diwaspadai Massa Aksi Damai 212

Aksi damai 212 perlu mewaspadai efek gas air mata (Foto: Arif Julianto/Okezone)

MESKI digadang-gadang sebagai aksi super damai 212, tak ada salahnya para massa tetap mewaspadai efek gas air mata. Terlebih jika berkaca pada aksi damai 4 November lalu.

Meski semua berharap tidak ada bentrok, tak ada salahnya massa aksi super damai 212 mewaspadai efek gas air mata. Efek jangka pendek dari gas air mata adalah iritasi mata dan saluran pernapasan.

Efek iritasi dari gas air mata terhadap mata dan saluran pernapasan berlangsung cepat, sekira 10 sampai 30 detik. Efek akan menghilang antara 15 sampai 30 menit setelah terpapar.

Gejala pertama jika terkena gas air mata adalah sensasi terbakar dan iritasi mata. Hal ini disertai dengan blepharospasm atau penutupan paksa kelopak mata, lalu mata berair. Selain itu, efek konjungtivitas juga dapat terjadi.

Efek dari kondisi tersebut dapat bertahan sampai 30 menit atau lebih setelah selesai terkena paparan gas air mata. Selain itu, fotofobia, kepekaan ekstrem terhadap cahaya sering terjadi dan dapat bertahan selama satu jam, dibarengi dengan mata merah dan bengkak di sekitar mata.

Semua efek ini bisa lebih parah pada orang yang memakai lensa kontak. Pada konsentrasi gas air mata yang lebih tinggi, bisa terjadi peradangan pada kornea mata.

Tetapi, ternyata bukan hanya mata yang terpengaruh oleh gas air mata. Menghirup gas air mata menyebabkan iritasi kuat di hidung, tenggorokan dan paru-paru, disertai bersih, sesak napas dan batuk. Gejala-gejala awal dapat diikuti oleh sakit kepala dan lidah terbakar.

Selain itu, gas air mata juga dapat berdampak terhadap kulit. Kulit yang terpapar gas air mata dapat menyebabkan sensasi terbakar, kadang-kadang diikuti dengan ruam.

Sementara, meskipun secara umum paparan gas air mata tidak menimbulkan efek infeksi lambung, terpapar terlalu lama dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, mual dan diare. Demikian sebagaimana yang dilansir dari laman Destinationsante, Jumat (2/12/2016).

(hel)

Baca Juga

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti