Terkena Gas Air Mata, Massa Aksi Damai 212 Harus Lakukan Ini

Terkena Gas Air Mata, Massa Aksi Damai 212 Harus Lakukan Ini

Aksi damai 212 perlu mewaspadai efek gas air mata (Foto: Arif Julianto/Okezone)

PAPARAN gas air mata bisa saja membuat efek samping yang merugikan kesehatan mata massa aksi damai 212. Panik dan segera ingin mendapatkan kelegaan sudah pasti jadi reaksi pertama saat seseorang terkena dari gas air mata. (Baca: Efek Gas Air Mata yang Harus Diwaspadai Massa Aksi Damai 212)

Bila Anda terkena gas air mata, lakukan 7 hal berikut ini, dikutip dari Businessinsider, Jumat (2/12/2016).

Tahan napas

Cobalah sebisa mungkin tahan napas. Gas air mata bisa memengaruhi sistem pernapasan Anda saat bernapas. Selain itu, gas air mata bisa memberi efek mual dan muntah.

Tutup mata

Sebisa mungkin tutup mata, sebagai intervensi selanjutnya. Partikel kecil yang masuk ke dalam mata bisa membuat mata Anda terasa sakit dan ada sensasi terbakar yang menyengat.

Keluar dari area

Setelahnya, segera keluar dari area yang terpapar gas air mata ke tempat yang lebih aman. Lari, tahan napas, dan tutupi mata Anda sebagai tindakan pertama yang perlu dilakukan.

Cuci tangan dan mata segera

Anda tidak mungkin mencuci mata dengan tangan yang masih menempel gas air mata. Bila Anda mencucinya, justru akan memperburuk rasa sakit pada mata Anda. Oleh karenanya, cucilah tangan dengan sabun dan air. Kemudian bilas mata dengan air yang amat banyak. Jangan sentuh wajah Anda dengan tangan sedikit pun saat membilasnya.

Tetap kering

Sebisa mungkin jaga tubuh Anda tetap kering sementara waktu. Sebenarnya, membasuh tubuh Anda secara langsung bisa membuat kandungan kimia gas air mata menyebar. Termasuk keringat bisa membuat gas air mata itu terserap ke dalam kulit. Oleh karenanya, jaga tubuh Anda kering sebisa mungkin.

Mandi secara menyeluruh

Ketika tiba di rumah segera tanggalkan pakaian dan mandi dengan air mengalir sebersih mungkin. Sabuni seluruh tubuh, keramaslah segera. Pastikan seluruh tubuh Anda sebersih mungkin.

Cuci pakaian terpisah

Anda perlu mencuci pakaian terpisah. Jangan membuangnya. Pakaian yang terkena gas air mata bisa membuat material lainnya terkontaminasi.

(hel)
  • techno user tri darmaji
    tri darmaji • 4 hari lalu
    jangan sampai ada gas air mata. tapi boleh juga tipsnya buat mengantisipasi kalau hal itu terjadi apa lagi biasanya kita panik di saat kejadian
    Beri Tanggapan

Baca Juga

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti