Perokok Usia Muda 8 Kali Lebih Tinggi Berisiko Kena Serangan Jantung

Perokok Usia Muda 8 Kali Lebih Tinggi Berisiko Kena Serangan Jantung

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SUDAH banyak ulasan terkait bahaya merokok. Namun perokok berusia di bawah 50 tahun berisiko 8 kali lebih tinggi terkena serangan jantung dibanding perokok pasif dan orang yang sudah berhenti merokok.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semua golongan perokok mulai dari perokok aktif, pasif dan orang yang berhenti merokok sama-sama berisiko terkena serangan jantung.

Namun risiko tertinggi ada pada perokok di bawah usia 50 tahun di mana rasionya 8,5 kali lebih tinggi dibanding kelompok perokok lain yang diteliti pada usia yang sama. Kemudian lima kali risiko lebih tinggi pada perokok aktif berusia 50-65 tahun, tiga kali pada perokok diatas 65 tahun.

Menurut peneliti, risiko ini disebabkan oleh kondisi organ yang terpapar asap rokok. Ditemukan ketiga golongan perokok di atas berisiko ST segment elevation myocardial infarction (STEMI), yang mengakibatkan otot jantung dalam keadaan sekarat.

Namun ada perbedaan yang cukup signifikan pada mantan perokok yang hanya memiliki risiko serangan jantung cukup rendah, yakni dua kali lipat. Mantan perokok juga tiga kali lebih berisiko menderita penyakit pembuluh darah perifer.

“Semua perokok harus didorong ke terapi untuk berhenti merokok demi mengurangi risiko STEMI akut, dengan fokus pada perokok diusia muda,” kata Ever D Grech dari The Northern General Hospital di Inggris, seperti dikutip Thehealthsite, Jumata (2/12/2016).

(hel)

Baca Juga

Tips Mencegah Terserang Demam di Musim Hujan

Tips Mencegah Terserang Demam di Musim Hujan