Seperti Ini Cara Melindungi Diri dari Paparan Gas Air Mata

Seperti Ini Cara Melindungi Diri dari Paparan Gas Air Mata

Ilustrasi (Foto: Southchinamorningpost)

SEMPROTAN dari gas air mata bisa mengakibatkan efek terbakar baik pada mata maupun pada tubuh. Gas air mata bisa berefek pada mata dan tenggorokan, serta menimbulkan mual.

Sebagai proteksi diri, Anda membutuhkan masker khusus untuk gas atau respirator. Alat ini cara terbaik untuk melindungi diri. Memang tidak bisa didapatkan dengan cara yang murah.

Masker itu terdiri dari topeng karet, tabung dengan filter pada permukaannya. Pastikan Anda memiliki tabung cadangan, agar gas air mata yang telah tersaring jadi menumpuk dan memengaruhi sistem pernapasan Anda.

Berbeda dengan masker pada umumnya, masker ini memiliki filter dan adapun yang dilengkapi oleh kacamata. Bila tak tersedia kacamata, Anda bisa menggunakan kacamata khusus pelindung mata, menghindari cedera pada mata akibat paparan gas air mata.

Lantas, bagaimana menerapkan pasta gigi di bawah mata? Inilah miskonsepsi yang beredar untuk melindungi mata dari efek gas air mata. Sampai sat ini tak ada bukti akurat bahwa pasta gigi bisa mengurangi efek pada mata saat terpapar semburan gas air mata.

Setidaknya, Anda sudah mengetahui hal apa yang perlu dilakukan saat berada di wilayah kontroversi. Perlindungan diri yang tepat adalah memasang masker gas pada wajah. Demikian dikutip dari laman Newssafety, Jumat (2/12/2016).

(hel)

Baca Juga

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti