Eksim Tak Kunjung Sembuh? Sebenarnya Ini Cara Pengobatannya

Eksim Tak Kunjung Sembuh? Sebenarnya Ini Cara Pengobatannya

Cek kesehatan (Foto: Shutterstock)

PUSING rasanya menghadapi eksim anak yang tak kunjung sembuh. Sudah gonta-ganti krim, tetapi hasilnya sama saja. Sebenarnya, bagaimana cara mengobati eksim? Berikut ini penjelasan dari dr. Karin Wiradarma.

Eksim adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi anak dan orangtua. Rasa gatalnya yang hebat membuat anak tak dapat menahan diri untuk tidak dapat menggaruk. Kalau sudah digaruk, kulit pun akan luka dan mudah terkena infeksi.

Selain itu, eksim yang berkepanjangan juga dapat mengganggu tidur dan aktivitas. Ini berisiko menurunkan kualitas hidup –baik anak maupun orangtua.

Dipengaruhi Bakat Alergi

Eksim –atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan dermatitis atopi– merupakan suatu kelainan kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan yang gatal. Eksim dapat hilang dan timbul kapan saja.

Pada bayi dan anak, pencetus eksim yang utama adalah alergi makanan. Tak heran jika eksim banyak diderita oleh anak yang memiliki riwayat alergi dalam keluarganya.

Pada bayi, eksim umumnya timbul di wajah (terutama kedua pipi). Sementara itu, eksim dapat ditemukan pada lipat siku dan lipat lutut anak.

Kenali Pencetus Alergi

Untuk mencegah kekambuhan alergi, Anda harus mengenali pencetus eksim anak. Pencetus alergi pada anak terutama disebabkan oleh makanan. Karenanya, perhatikan dan catat makanan apa saja yang dikonsumsi oleh anak setiap harinya.

Jika eksim kambuh, Anda dapat mengira-ngira makanan penyebab dan memantang makanan yang dicurigai. Jika eksim hilang setelah makanan tersebut dihindari, maka benarlah kecurigaan Anda.

Namun demikian, tidak disarankan untuk memantang banyak makanan sekaligus tanpa bukti yang jelas. Oleh sebab itu, ada baiknya agar Anda mengonfirmasi kecurigaan tersebut dengan melakukan tes laboratorium untuk mengetahui makanan penyebab alergi.

Mengobati Eksim

Eksim yang sudah telanjur timbul harus mendapatkan perawatan yang intensif dan komprehensif. Mandikan anak dengan air dingin atau hangat –jangan air panas! Kulit akan menjadi lebih kering dan sensitif jika terkena air panas.

Gunakan juga sabun lembut dan hindari sabun antiseptik. Setelah mengeringkan anak dengan handuk yang lembut, langsung oleskan krim pelembap pada wajah dan tubuh anak sebelum kulit menjadi kering.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan sirop antihistamin untuk membantu menghilangkan gejala alergi yang sudah telanjur timbul di kulit anak. Apabila Anda sudah melakukan hal tersebut di atas dan eksim anak belum juga sirna, segeralah bawa anak berkonsultasi kepada dokter.

(tty)

Baca Juga

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti

Jadi Duta Gizi, Ini Fokus Maria Harfanti