Anggur Putih Tingkatkan Risiko Kanker Kulit Melanoma

Anggur Putih Tingkatkan Risiko Kanker Kulit Melanoma

Anggur putih tingkatkan risiko kanker melanoma (Foto: Indianexpress)

PENELITIAN terbaru menemukan fakta terbaru terkait kebiasaan minum white wine atau anggur putih. Fakta tersebut mengungkap bahwa anggur putih dapat meningkatkan risiko kanker kulit melanoma.

Ini merupakan jenis kanker kulit langka yang dapat mengakibatkan kematian. Namun peneliti mengungkap bahwa risiko kanker kulit meningkat lebih besar jika tubuh terbilang kurang terpapar sinar matahari.

“Ini mengejutkan bahwa anggur putih satu-satunya minuman yang memiliki risiko peningkatan kanker melanoma,” kata penulis studi, Eunyong Cho, Associate Professor di Warren Alpert Medical School of Brown University di Providence, Rhode Island, Amerika Serikat, seperti dilansir Thehealthsite, Jumat (2/12/2016).

Fakta lain terkait kanker juga terungkap, bahwa sekira 3,6 persen kasus kanker di dunia selalu berkaitan dengan alkohol yang berdampak pada risiko kanker hati, pankreas, usus besar, rektum dan payudara.

Metode alkohol dalam pembentukan sel kanker tersebut disebabkan oleh kandungan etanol yang dapat berubah jadi asetaldehida, kemudian senyawa itu merusakn DNA dan mencegah regenerasi sel baru.

“Antara red wine dan white wine sama-sama mengandung asetaldehida. Tapi kandungan antioksidan dalam red wine dapat menghapus sebagian besar risiko kanker,” kata Cho.

Dari data yang dilaporkan dalam studi tersebut, terungkap bahwa risiko kanker melanoma akibat konsumsi white wine bisa meningkat 14 persen ketika minum satu gelas white wine dalam sehari. Sementara itu, jenis minuman beralkohol lain seperti bir dan minuman keras lainnya belum ditelaah lebih lanjut terkait risiko kanker melanoma.

(hel)
Berita Rekomendasi Anggur Putih

Baca Juga

Tips Mencegah Terserang Demam di Musim Hujan

Tips Mencegah Terserang Demam di Musim Hujan