Menyaksikan Kemegahan Gua Es Terbesar di Eropa Sebelum Mencair

Menyaksikan Kemegahan Gua Es Terbesar di Eropa Sebelum Mencair

Gua Es Terbesar di Eropa (Foto: Einar Runar Sigurdsson/Mediadrumworld.com)

PARA penjelajah dunia yang suka menantang suhu beku mungkin rela mengorbankan waktu dan kekuatan fisik mereka untuk datang ke sini. Gua es megah yang berisi gletser terbesar di Eropa menjadi pemandangan spektakuler di Vatnajokull Glacier, Islandia.

Sejumlah foto yang ditangkap oleh beberapa penjelajah memperlihatkan keberanian mereka dalam mendaki, bahkan meluncur ke bagian bawah sisi tebing es. Gambar lain juga ada yang menunjukkan satu pengunjung berlutut untuk berdoa di samping air terjun dari es yang mencair.

(foto: Einar Runar Sigurdsson-mediadrumworld.com)

Es-es yang berkilau memantulkan warna biru menawan terlihat kontras dengan warna kuning kemerahan dari api anggun yang dinyalakan seorang petualang yang tengah menghangatkan diri. Ada lagi seorang turis yang berani berdiri di tepi sungai es yang mengalir deras melalui tengah gua.

Gambar-gambar yang luar biasa tersebut diambil oleh pemandu gunung setempat, Einar Runar Sigurdsson. Einar menggunakan kamera Fuji X-PRO2 untuk menangkap keunikan pemandangan alam selama tiga tahun.

(foto: Einar Runar Sigurdsson-mediadrumworld.com)

"Untuk berfoto, saya perlu mendaki 4-5 kilometer dari satu gua ke gua lain, mengenakan crampon untuk berjalan di gletser, dan beberapa kesempatan membutuhkan tali untuk meluncur ke dalam gua dan memanjat keluar," kata Einar, dikutip dari Lonelyplanet, Senin (5/12/2016).

Ia menuturkan, tidak semua gua bisa ia datangi mengingat kondisi gua bisa berubah-ubah. Waktu yang teraman untuk menjelajah ke dalam adalah di saat terdingin musim dingin. Namun, beberapa gua bisa sangat tidak stabil bahkan pada pertengahan musim dingin, sehingga tidak aman dimasuki.

Vatnajokull Glacier disebut sebagai massa gletser terbesar di Eropa, dengan luas sekira 8200 kilometer persegi dengan titik paling tebal 1.000 meter. Pada 2008, gua gletser ini dan daerah di sekitarnya dinyatakan sebagai taman nasional. Tempat di tenggara Islandia ini terbaik didatangi antara November sampai Maret.

(foto: Einar Runar Sigurdsson-mediadrumworld.com)

(fid)

Baca Juga

Mau Menyelam di Gunung Kidul? Ke Pantai Sadranan <i>Aja</i>

Mau Menyelam di Gunung Kidul? Ke Pantai Sadranan Aja