Gaet Lebih Banyak Wisatawan, NTB Tambah Kamar dan Jumlah Penerbangan

Gaet Lebih Banyak Wisatawan, NTB Tambah Kamar dan Jumlah Penerbangan

Pantai Nipuh, Lombok Barat (foto: Tentry/Okezone)

NUSA Tenggara Barat (NTB) sudah diakui keindahan alamnya, didukung dengan berbagai atraksi wisata. Untuk menarik lebih banyak wisatawan, khususnya di Lombok dan Sumbawa, akses dan amenitas pariwisata terus ditingkatkan dengan dukungan berbagai pihak.

Salah satu yang sudah mulai dikerjakan pemerintah setempat adalah menambah jumlah kamar dan penerbangan ke beberapa titik di NTB bersama pihak swasta terkait. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata NTB, Mohammad Faozal.

“Kita akan tambah sekian ratus kamar dari jumlah 12.800 kamar yang tersedia, khususnya di Lombok. Pada 2017 ini kita akan tambah 4 hotel bintang empat, di antaranya di Senggigi, Sekotong, Gili Air,” tuturnya, saat ditemui selepas Acara Peluncuran “Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017” di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Ia mengatakan, tingkat hunian hotel rata-rata kini sudah 75 persen, bahkan di waktu-waktu tertentu sering sampai 100 persen. Dengan penambahan kamar tersebut diharapkan dapat memeratakan pesebaran wisatawan dan menampung lebih banyak wisatawan yang sudah ditargetkan.

“Wisman (wisatawan mancanegara) dari 5 negara dan wisatawan domestik tinggi sekali sampai 2016 ini setelah kita fokuskan pembangunan di Lombok dan Sumbawa. Hasil perhitungan badang pusat statistik dan badan statistik swasta Jerman telah mengestimasikan 3 juta wisman di NTB sampai nanti kegiatan tutup tahu yang akan diadakan di Lombok,” ujarnya.

Angka 3 juta wisman ke NTB memang sudah ditargetkan pemerintah pusat untuk dicapai sampai 2016 ini. Bahkan di tahun depan, 2017, diharapkan wisatawan yang berkunjung di NTB meningkat sampai 4 juta atau hampir seperempat target wisman di Indonesia pada 2017.

“Untuk konektivitas dari mancanegara maupun domestik, akhir tahun kita disemangatkan dengan dibukanya rute Kupang-Lombok dan Solo-Lombok. Banyaknya jadwal penerbangan dari Bali ke Lombok juga menambah pasar dari Australia,” kata Faozal.

(fid)

Baca Juga

Bikin Merinding!! Pemudi di AS Tak Sengaja Merekam Hantu Wanita saat Berwisata di Istana

Bikin Merinding!! Pemudi di AS Tak Sengaja Merekam Hantu Wanita saat Berwisata di Istana