5 Superfood yang Bakal Ngehits di 2017

5 Superfood yang Bakal Ngehits di 2017

Biji semangka (Foto: Telegraph)

SEPANJANG 2016, sayuran berdaun hijau gelap sukses merebut hati para pelaku gaya hidup sehat. Selang waktu berganti, agaknya tren sayuran berdaun hijau gelap seperti kale mulai ditinggalkan.

Awal tahun 2017, Muncul 5 daftar makanan baru yang sepertinya akan bersinar dan digemari banyak kalangan sebagai superfood atau makanan sehat. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip Telegraph, Selasa (3/1/2017).

Berry maqui

Buah berry asal Chili ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Pigmen ungu yang terdapat pada berry jenis ini diyakini dapat memperlambat penuaan dini. Karena rasanya agak pahit dan cukup sulit diolah dalam keadaan segar, berry maqui sering ditemui dalam bentuk bubuk. Mungkin sajian seperti kue dan minuman olahan lainnya bisa dicampur bubuk berry maqui untuk menambah kandungan nutrisinya.

Biji semangka

Pada 2016, biji semangka mulai dikenal sebagai makanan baru. Kemudian para peneliti menganalisisnya dan ternyata banyak nutrisi penting di dalam biji semangka yang dikatakan mirip dengan biji labu dan chia. Biji semangka biasa diolah kering seperti biji bunga matahari dan bisa dipadukan dengan smoothies, oatmeal dan lain sebagainya.

Jamur Chaga

Jamur Chaga sering kali dikeringkan dan direbus dengan air hingga jadi ramuan herbal. Rasanya pahit dan sedikit tajam. Jamur chaga punya sifat antimikroba, antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak perlu repot merebus teh jamur chaga sendiri, pasalnya mulai 2017 sudah banyak produsen minuman yang akan merilis minuman jenis ini. Namun sayang, dari data yang didapat, minuman ini akan populer di Inggris saja.

Minyak kacang

Aneka kacang-kacangan makin populer di tahun depan. Tak hanya jadi topping dessert atau pastry lezat. Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, kenari dan hazelnut akan banyak diolah jadi minyak kacang pada 2017. Rasanya tentu saja nikmat dan khas seperti karakter kacang-kacangan tersebut. Minyak kacang ini agaknya bisa jadi pilihan sehat untuk mengolah makanan.

Ganggang

Belakangan ini para vegan selalu memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dengan beberapa sumber pangan dari biji rami. Namun sepertinya, lemak atau sari dari ganggang dapat menjadi sumber omega-3 versi vegan yang baru.

(hel)

Baca Juga

4 Kuliner Lezat Khas Pontianak yang Bakal <i>Bikin Ngiler</i>

4 Kuliner Lezat Khas Pontianak yang Bakal Bikin Ngiler