Kehadiran Orang Terdekat Bantu Tingkatkan Kualitas Kesehatan Pasien

Kehadiran Orang Terdekat Bantu Tingkatkan Kualitas Kesehatan Pasien

Ilustrasi (Foto: Express)

HUBUNGAN keluarga dapat meningkatkan kesejahteraan kesehatan bagi seseorang. Menjaga hubungan tetap harmonis dan bahagia ampuh melawan penyakit.

Profesor David Asch dari University of Pennsylvania mengatakan, pasangan dan teman-teman yang berada di sekitar pasien mampu memengaruhi kesehatan mereka, dibandingkan menonton televisi atau memesan makanan di sebuah restoran.

"Pasien juga lebih mungkin mengadopsi perilaku sehat, seperti pergi ke gym ketika mereka bisa pergi dengan seorang teman," ucap Asch

Tak bisa dipungkiri, orang terdekat memiliki pengaruh yang signifikan ketimbang kehadiran staf medis, meski keduanya memegang peranan penting. Kendati demikian, interaksi bebas biaya ini sebagian besar belum dimanfaatkan secara maksimal.

Ketika seseorang berobat ke dokter dengan biaya yang tidak murah dan perawatan intensif, pasien tetap membutuhkan dukungan sosial dari orang terdekat.

"Keprihatinan privasi kerap mencegah dokter dan rumah sakit mengorganisir dukungan. Sementara privasi memang penting dalam kondisi tertentu. tetapi pasien akan lebih senang bila keluarga dan teman-teman membantu mengelola diabetes mereka," jelas Asch.

Metode keterlibatan sosial ini menjadi kunci penting menunjang kesehatan para pasien. Demikian dilansir dari Express, Kamis (5/1/2016).

(hel)

Baca Juga

WADUH!! Paparan Timbal Dalam Air Bisa Turunkan IQ Anak

WADUH!! Paparan Timbal Dalam Air Bisa Turunkan IQ Anak