Gemasnya Melihat Ikan Dugong di Pulau Alor

Gemasnya Melihat Ikan Dugong di Pulau Alor

Ikan Dugong (foto: Nationalgeographic/Christian Schlamann)

SIAPA yang tak kenal dengan ikan duyung atau ikan dugong dengan bentuk fisik yang menggemaskan sekali.

Ikan dugong ternyata menjadi binatang yang semakin langka. Oleh karena itu, pemerintah menjaganya dengan melarang nelayan untuk menangkap ikan dugong tersebut khususnya di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur.

Namun, di luar kelangkaannya ternyata ikan dugong tersebut merupakan binatang laut yang ramah dengan manusia. Bahkan, tak jarang mereka pun suka mengikuti gerakan-gerakan manusia. Tak heran, saat berkunjung ke Pulau Alor, atraksi ikan dugong banyak diminati wisatawan.

“Saya menemukannya di tahun 2009 dari situ saya selalu jaga, dan pelihara dengan baik dia,” jelas Onemus sebagai nelayan di Pulau Alor dalam tayangan video iNews, Selasa (10/1/2017).

Ikan dugong di sana ternyata suka menghampiri perahu Onemus dan mengajakanya untuk berenang di sana. Selain itu, ikan tersebut akan mengikuti gerakan –gerakan manusia yang dikenalnya.

“Ikan dugong ternyata besar sekali sebesar dua meter, dan gemuk. Saya akan datang lagi tahun depan,” jelas Nazifha sebagai wisatawan.

Selain menikmati berenang bersama ikan dugong, Anda juga bisa menikmati keindahan wisata baharinya. Dengan hamparan pasir putih, dan juga air laut jernih berwarna biru akan memandikan Anda dengan kehangatan.

(fid)

Baca Juga

Jalan-Jalan ke Sabang <i>Enggak</i> Harus Mahal <i>Kok</i>, Ini Rinciannya!

Jalan-Jalan ke Sabang Enggak Harus Mahal Kok, Ini Rinciannya!