Ingatlah, Berbuat Dosa? Segera Bertaubat seperti Ini!

Ingatlah, Berbuat Dosa? Segera Bertaubat seperti Ini!

Pertaubatan (Foto: Soundvision)

DALAM Alquran surat Az-Zumar (39:53) disebutkan, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri![4] Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah[5]. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Entah Anda telah menonton pornografi, berbohong, fitnah atau melakukan kejahatan lainnya, dosa-dosa menumpuk setiap hari pada diri seseorang. Mungkin sebagai pribadi Anda mencoba menahan lidah, menurunkan pandangan, berusaha menghormati orangtua atau menghindari segudang dosa lain terhadap Allah, tapi sebagai manusia kita lemah, dan bisa sangat mudah berbuat kesalahan.

Namun, Allah maha adil dan menuntut hamba-Nya bertanggung jawab atas tindakan, pintu untuk ampunan-Nya selalu terbuka. Tidak peduli betapa buruknya dosa yang diperbuat, Allah selalu siap mendengar dan menerima pertobatan, asalkan dilakukan tulus dan berubah menjadi lebih baik.

Dalam Quran, Allah berulang kali mengingatkan hamba-Nya bahwa Dia adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Ada banyak ayat dan doa-doa untuk memohon ampun dalam Alquran. Seperti dilansir Soundvision, Selasa (10/1/2017) beberapa bacaan taubat tertuang dalam Alquran. Baca ayat-ayat Alquran dari surat Al-Furqan (Quran 25: 63-73) untuk lebih memahami masalah ini. Berikut adalah terjemahannya.

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. (Q.S. Al-Furqaan: 63)

Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, jauhkan azab Jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal“. Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman. (Q.S. Al-Furqaan: 64-66)

Dan siapa yang bertaubat dan beramal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.

Pada ayat selanjutanya 73-77 dijelaskan bahwa Allah maha memperi ampunan bagi umatnya yang benar-benar bertaubat dan memberi azab bagi mereka yang berdusta

“Dan orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka melalui perkara yang sia-sia, mereka lalui (sahaja) dengan (sikap yang) mulia. Dan orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Rab (Tuhan) mereka, tidaklah mereka tunduk kepadanya sebagai orang yang keras kepala dan buta.

Mereka berkata "Rabbana (wahai Tuhan kami)! Anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk mata (kami), dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang yang bertakwa. Mereka itulah orang yang dibalaskan dengan martabat yang tinggi kerana kesabaran mereka, dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan “salam” di dalamnya (syurga).

Mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik tempat menetap dan tempat kediaman. Katakanlah: "Rab (Tuhan)ku tidak mempedulikan kamu, melainkan jika ada ibadah kamu, (tetapi bagaimana ada ibadah kamu), sedangkan kamu mendustakan? Justru, pastilah (kamu) kelak (mendapat azab).”

(vin)
tipsramadan

Baca Juga

Rak Buku Makin Sumpek, Yuk Moms Bikin Rak Buku Terbalik yang Unik!

Rak Buku Makin Sumpek, Yuk Moms Bikin Rak Buku Terbalik yang Unik!