PERISKOP 2017: Menerapkan Pola Asuh Tepat dengan Cara Batasi Penggunaan Gadget

PERISKOP 2017: Menerapkan Pola Asuh Tepat dengan Cara Batasi Penggunaan Gadget

Pola asuh (Foto: Amazonaws)

HIDUP di zaman teknologi yang sedang berkembang pesat, membuat semua kalangan anak-anak akrab dengan gadget. Semantara, gadget memiliki sisi positif dan negatif yang dapat memengaruhi tumbuh kembang anak.

Perkembangan gadget juga berdampak pada pola asuh, semua orangtua sudah mengenalkan anak dengan gadget, bahkan sejak masih di dalam kandungan. Bahaya penggunaan gadget pada anak sangat dikhawatirkan oleh vokalis Nidji, Giring Ganesha. Ayah tiga anak ini takut bila anak melihat konten-konten berbau pornografi dan kekerasan saat sedang terkoneksi dengan internet.

“Zaman sekarang semua anak kecil familiar dengan gadget. Mereka sudah buka google, youtube, dan media sosial. Karena itu, tidak dapat dihindari maka sebagai orangtua kita harus usahakan gadget yang children friend,” ujar Giring kepada Okezone, belum lama ini di Jakarta.

Upaya Giring dan istri membuat gadget bersahabat dengan anak adalah meningkatkan keamanan pada di gadget dan aplikasi di dalamnya. Semua akses yang mengarah ke konten berbahaya dikunci.

“Youtube-nya di log, google-nya di protect, dan akun-akun berbahayanya di-block. Usahakan anak tak terpapar konten negatif, kalau sedang main gadget didampingi. Orangtua juga harus melek teknologi, tahu apa yang dimainkan anak, dan melihat kembali historical page yang dibuka anak di internet,” paparnya lebih lanjut.

(vin)

Baca Juga

Pernikahan di Ujung Perceraian, Tidak Ada Salahnya Istri Lakukan Hal Ini

Pernikahan di Ujung Perceraian, Tidak Ada Salahnya Istri Lakukan Hal Ini