Ibu Bijak, Begini Cara Menyelesaikan Pertengkaran Anak

Ibu Bijak, Begini Cara Menyelesaikan Pertengkaran Anak

Anak bertengkar (Foto: Askthewhisperer)

MEMILIKI lebih dari satu anak, pasti pertengkaran kerap terjadi di antara saudara. Apalagi bila mereka sudah mulai mengerti apa arti persaingan dan rasa kepemilikan. Tak ada satu pun yang ingin mengalah. Lantas, bagaimana untuk menjaga anak-anak tetap harmonis dalam hubungan persaudaraannya?

Lewat akun Instagramnya, psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli berbagi tips sesuai dengan ilmu psikologi yang ia pelajari.

Dalam sebuah foto yang menampilkan kedua anaknya sendiri, psikolog yang akrab disapa Vera ini menyarankan, ketika anak sedang bertengkar pertama-tama pahami bahwa pertengkaran normal terjadi dalam hubungan yang melibatkan cinta seperti hubungan kakak-adik.

Lalu, jangan terlalu menarik urat. Santai saja, jangan lantas emosi dalam melerai antar saudara yang sedang bertengkar tersebut. Beri anak kesempatan menyelesaikan masalah berdua karena pertengkaran dengan saudara di rumah justru melatih anak lebih terampil secara sosial dalam menghadapi konflik kelak.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk orangtua turun tangan demi menyelesaikan permasalahan? Psikolog yang juga mengajar Master Psikologi di Universitas Tarumanegara ini menjelaskan, tak perlu buru-buru. Namun, orangtua butuh "terlibat" ketika konflik berakhir dengan aksi agresif atau ketika anak-anak akhirnya ada yang menangis. Menangis menunjukkan mereka sudah frustrasi dengan situasinya.

Kemudian, ketika terlibat, orangtua tak perlu menjadi "hakim agung" yang menentukan "good guy" vs "bad guy". Orangtua hanya fasilitator yang membantu anak paham emosi pribadi.

Terakhir, bantu anak secara terpisah memahami emosi yang mereka rasakan dan apa yang butuh dilakukan agar mereka merasa lebih baik. Memahami emosi anak menjadikan situasi lebih kondusif bagi mereka.

(vin)

Baca Juga

Taman Belakang Rumah Remang-Remang, Ini Saran Pakar Dekorasi Supaya Lebih Terang

Taman Belakang Rumah Remang-Remang, Ini Saran Pakar Dekorasi Supaya Lebih Terang