Beras Thailand Dibilang Palsu, Begini Cara Masak & Mengidentifikasi Apakah Asli atau dari Plastik

Beras Thailand Dibilang Palsu, Begini Cara Masak & Mengidentifikasi Apakah Asli atau dari Plastik

Beras thailand asli atau terbuat dari plastik (Foto:Epicurious)

LEBIH dari tiga juta netizen mem-bully wanita asal California, Felicity Prak karena beras melati atau jasmine rice yang dimasaknya terbakar hingga mengeluarkan api. Namun Prak justru menyalahkan beras dan menuduh beras asal Thailand itu palsu karena mengandung plastik.

Belum diketahui jelas apa maksud Felicty dan putrinya memasak beras dengan cara menyangrai seperti yang terlihat dalam video yang diunggahnya di media sosial. Apakah memang demikian cara ia memasaknya atau hanya ingin membuktikan apakah beras itu asli atau palsu terbuat dari plastik.

 

Namun apa yang dilakukannya sudah terlanjur membuat geram para netizen yang memberikan komentar pahit. Bahkan beberapa di antaranya menyebutnya bodoh dan memintanya membeli rice cooker atau mencari tahu bagaimana cara memasak nasi dari beras thailand di internet.

Jika memang apa yang dilakukan Felicty dan putrinya adalah benar memasak, ternyata memasak nasi dari beras thailand sama seperti memasak beras pada umumnya.

Seperti dilansir dari The Kitchn, sebelum dimasak, beras harus dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kelebihan patinya. Proses pemasakan secara tradisional, yakni beras melati biasanya dimasak dengan cara dikukus. Atau dengan menggunakan metode penyerapan (proses masak dengan rice cooker), yakni dimasak dengan sejumlah air yang sesuai takaran beras dan dimasak hingga air terserap habis oleh si beras hingga matang menjadi nasi.

Sementara kalaupun yang dilakukan Felicty dan putrinya semata-mata untuk membuktikan apakah berasnya asli atau mengandung plastik, maka caranya pun terlalu berlebihan. Karena ada cara praktis untuk mengidentifikasi keaslian sebuah beras.

Anda bisa melakukan trik-trik berikut sendiri di rumah karena caranya yang praktis dan tidak membutuhkan banyak alat. Seperti dilansir dari TechnoFizi, Kamis (12/1/2016).

1. Ambil satu gelas air dan masukkan beberapa bulir beras. Hasilnya, beras palsu akan mengapung alias tidak turun ke dasar gelas. Hal ini disebabkan karena beras palsu yang terbuat dari plastik memiliki bobot yang lebih ringan sehingga bisa mengambang. Proses ini sangat sederhana dan mudah bukan.

2. Ada proses sederhana lainnya. Ambil secukupnya beras dan bakar dengan korek api. Jika beras yang dibuat dari plastik, maka ketika dibakar akan mengeluarkan bau seperti plastik terbakar.

3. Menguji setelah matang, yakni ambil nasi secukupnya dan simpan dalam wadah kaca selama 2-3 hari. Jika beras dari plastik maka tidak akan berjamur. Karena plastik tidak akan terpengaruh suhu atau musim. Plastik akan tetap sama.

4. Masih ada cara lainnya, yakni ambil secukupnya bulir beras masukkan ke dalam minyak panas yakni sekira 200 derajat Celcius. Hasilnya, beras palsu dari plastik akan tenggelam ke dalam dasar wadah berisi minyak panas itu.

5. Cara lainnya adalah, mengamati ketika air rendaman beras mendidih. Jika beras terbuat dari plastik maka akan mulai membentuk lapisan tebal di bagian atas panci.

Ternyata banyak cara bisa dilakukan untuk membuktikan apakah beras yang Anda beli, termasuk jika di rumah Anda ada jenis beras melati dari Thailand, asli atau terbuat dari plastik. Mudah bukan?

(ndr)

Baca Juga

Uniknya Kue Inaugurasi Pemberian Ivanka Trump untuk Sang Ayah, Donald Trump

Uniknya Kue Inaugurasi Pemberian Ivanka Trump untuk Sang Ayah, Donald Trump