Lasagna Ternyata Tidak Boleh Dimasak dalam Air Mendidih

Lasagna Ternyata Tidak Boleh Dimasak dalam Air Mendidih

Lasagna tak boleh dimasak dalam air mendidih (Foto: Foxnews)

MEMASAK lasagna sama seperti memasak pasta jenis lain yang harus direbus sebelum diolah lagi. Tapi ternyata khusus untuk jenis lasagna, ia tidak boleh dimasak dalam air mendidih. Kenapa?

Lasagna termasuk jenis pasta yang memiliki bentuk lebar dan besar. Dibandingkan pasta jenis lain, pasta inilah yang paling riskan dan rentan sobek. Lasagna tidak boleh robek karena akan diolah selanjutnya dengan cara disusun dan dipanggang. Jika pasta robek maka akan sulit untuk menumpuknya.

Solusinya adalah jangan merebus pasta dalam air mendidih. Cukup panaskan pasta dalam air yang berbuih, masak dengan perlahan hingga lasagna bertekstur al dente.

Air mendidih akan bergolak dan menyebabkan lasagna beradu satu sama lain, belum lagi jika pasta ini menempel di permukaan panci. Jika memisahkan antara lasagna dan panci tak jarang lembaran pasta ini akan robek dan merusak bentuknya.

Selain itu jangan memasak lasagna dalam jumlah terlalu banyak karena lasagna akan menempel satu dengan lainnya dan akan sulit dipisahkan. Solusinya adalah dengan merebusnya perlahan kemudian mengolahnya kembali dengan cara menumpuk dengan saus béchamel dan daging cincang. Kemudian panggang dalam oven hingga matang dan dapatkan lasagna yang menggiurkan.

(hel)

Baca Juga

RESEP PILIHAN: Makan dengan Menu ala <i>Street Food Thai Roast Duck</i>

RESEP PILIHAN: Makan dengan Menu ala Street Food Thai Roast Duck