Penampakan Suku di Ethiopia yang Punya Budaya Perhiasan Unik

Penampakan Suku di Ethiopia yang Punya Budaya Perhiasan Unik

Suku di Ethiopia (foto: Instagram/@omarreda)

ETHIOPIA tidak hanya dikenal sebagai daerah dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Negara di sebelah timur Afrika ini juga menjadi rumah bagi kelompok masyarakat dari suku yang masih menjalani tradisi unik.

Fotografer Lebanon Omar Reda menangkap pemandangan unik di selatan Ethiopia, tepatnya di Omo Valley. Ada tiga suku yang ia temui di sana, yakni Hamar, Dassanech, dan suku Mursi. Potret penuh warna menampilkan identitas budaya masing-masing suku unik tersebut.

Ada perempuan suku Hamar yang tidak diperbolehkan untuk mandi setelah menikah. Sementara suku Dassanech memiliki kemampuan mendaur ulang tutup botol dan tali jam tangan untuk dirangkai dan dipakai menjadi hiasan kepala atau anting dan kalung.

Kemudian masyarakat Mursi yang dikenal dengan ikon piringan yang dipasang di bibir yang menjadi tanda keindahan. Wanita Mursi mengenakan itu sejak kecil dan ukurannya terus ditambah sampai dewasa.

“Suku-suku ini masih mempertahankan tradisi dan budaya mereka. Salah satu contoh, piring bibir suku Mursi dimulai selama penjajahan dan perbudakan era di mana perempuan mulai menarik bibir mereka dan merusaknya agar tidak diambil menjadi budak. Seiring waktu, tradisi tersebut dianggap menjadi tanda keindahan,” tuturnya.

Proyek foto tersebut bertujuan juga sebagai ucapan terima kasih karena telah disambut dengan sangat baik oleh masing-masing suku. Reda mengungkapkan rasa sukanya setelah megakui, “Saya ingin menunjukkan keindahan keragaman budaya di dunia ini,” katanya seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (12/1/2017).

(fid)

Baca Juga

Gunung Bersalju Jadi Lokasi Hiburan Warga Irak

Gunung Bersalju Jadi Lokasi Hiburan Warga Irak