PERISKOP 2017: Gua yang Perlu Masuk Daftar Tujuan Wisata

PERISKOP 2017: Gua yang Perlu Masuk Daftar Tujuan Wisata

Gua Holloch, Swiss (foto: Instagram/@mountai.supo)

EKSPLORASI alam melalui kegiatan wisata gua mungkin belum banyak dicoba. Padahal ada banyak gua-gua cantik yang perlu dieksplor, khususnya di Indonesia, untuk berwisata sekaligus belajar sadar lingkungan.

Jika Anda penasaran, beberapa gua mungkin bisa Anda masukkan dalam bucket list tujuan wisata tahun ini. Berikut beberapa ulasan singkat gua-gua wisata, baik di dalam maupun di luar negeri.

Luweng Jaran, Pacitan

Goa ini dianggap sebagai goa terpanjang se-Asia Tenggara di Pacitan, yang dijuluki dengan Kota 1001 Goa. Berlokasi di Kecamatan Peringkuku, goa yang baru ditemukan 1984 ini memiliki panjang sekira 25 km. Ada gua vertikal yang bisa dieksplor dengan teknik khusus dan keunikan lain yang bisa dipelajari.

Sebagai tempat yang diakui UNESCO PBB sebagai geopark dunia, gua ini begitu dilindungi. Oleh karena itu, Anda yang penasaran datang ke sana harus meminta izin terlebih dulu ke Badan Kesbangpol dan Disbudpar Pacitan.

Gua Tambelang

Gunungkidul diam-diam juga menyimpan gua menarik yang bisa Anda datangi untuk belajar sejarah dan melihat keindahannya. Gua Tembelang yang dibuka oleh Kelompok Sadar Wisata Alam Asri Desa Girikarto membantu membuka gua yang memiliki panjang 100m dan lebar sekitar 20 meter.

Gua ini cukup bersejarah karena menjadi tempat warga di zaman penjajahan Jepang bersembunyi. Meski sempat terabaikan, tempat tersebut mulai ditata kembali oleh masyarakat. Beberapa lampu sudah dipasang untuk membantu pengunjung melihat stalaktit dan stalagmit yang menarik.

Gua Hölloch, Swiss

Jika Anda ingin berburu gua terbesar di dunia, gua ini bisa menjadi salah satunya karena ini menjadi yang terpanjang di Eropa dan terbesar keempat di dunia. Yang menarik, gua ini menawarkan tur dan fasilitas menginap di dalam gua dengan makan malam seperti orang lokal Swiss.

Pengunjung bisa berjalan sejauh 500m dan siap-siap dengan suhu gua yang luar biasa dingin. Pengunjung bisa memilih rangkaian tur, mulai dari tur singkat beberapa jam sampai tur dengan menginap selama 1-2 malam.

Paradise Cave, Vietnam

Inside one of the biggest cave in the world !! #humongous #caving #vietnam

Foto kiriman Giuliano (@giulianoporta) pada Jan 11, 2017 pada 2:31 PST

Gua yang juga telah diakui UNESCO, Pradise Cave ditemukan oleh seorang pria lokal pada tahun 2005 dan peneliti gua yang mengeksplorasi gua yang awalnya ditemukan sejauh 5 km. Pada tahun 2010 mereka menemukan bahwa gua tersebut panjangnya 31 km.

Gua dengan jalur untuk pengunjung awam ini bisa didatangi siapa saja yang penasaran melihat perut gua yang begitu besar dan menakjubkan. Untuk sampai ke sana, butuh waktu 1 jam 30mins dengan sepeda motor dari Dong Hoi ke Phong Nha-Ke Bang. Tidak hanya gua, pemandangan alam dan berbagai atraksi di sekitar situs gua tersebut juga bisa wisatawan nikmati.

(fid)

Baca Juga

5 Transportasi Paling Unik di Asia, Coba Naik <i>Yuk</i>!

5 Transportasi Paling Unik di Asia, Coba Naik Yuk!