Boneka Kokeshi di Jepang Menyimpan Sejarah tentang Manusia Lho!

Boneka Kokeshi di Jepang Menyimpan Sejarah tentang Manusia Lho!

Boneka Kokeshi, Jepang (foto: Art Fido.com/Youtube)

DI Jepang masih banyak budaya unik yang bikin penasaran untuk dikunjungi. Boneka Kokeshi misalnya, yang menjadi simbol ikonik dari Negeri Sakura ini.

Boneka Kokeshi menyimpan banyak sejarah di balik ekpresi dan kayu sebagai material utama boneka. Boneka tersebut sudah ada ratusan tahun lalu dan ditemukan di Tahuko.

Boneka ini punya bentuk unik, di mana kepalanya lebih besar dibandingkan tubuhnya seperti permaianan di Nintendo. Berdasarkan laporan BBC, desainer nintendo Shigeru Miyanoto terinspirasi dari Kokeshi.

Boneka ini sangat simpel dengan bentuk lembut bercampur warna bold, tetapi ada alasan mengapa boneka ini dibuat seperti itu. Pemandangan Tohuko dan cuaca dingin berperan penting atas dibuatnya boneka itu.

Berdasarkan informasi Kyuhoshi, boneka ini telah lahir dikarenakan iklim di Tohuko. Para pemotong kayu tidak bisa bekerja selama musim dingin dan menghabiskan waktu di musim panas.

Tetapi pengrajin membutuhkan uang sehingga mereka memulai untuk membuat boneka dan menjualnya ke orang-orang yang berkunjung saat musim dingin.

Tempat dibuatnya boneka ini memiliki makna tersendiri dari desainnya. Misalnya saka boneka Kokeshi yang dibuat di Tsugaru memiliki pattern Ainu di mana mewakili grup berbahaya di Jepang. Sementara di Naruko Onsen memiliki simbol kelahiran yang berarti anak menangis.

Sebagaimana dikutip dari travelerstoday, Kamis (12/1/2017), boneka tersebut juga dibuat dengan tektur berat dan warna putih. Bagi Anda yang ingin melihatnya, kawasan Tohuko menjadi rekomendasi yang baik.

(fid)

Baca Juga

Larangan Kehabisan Bensin dan Aturan Aneh Lainnya di Dunia

Larangan Kehabisan Bensin dan Aturan Aneh Lainnya di Dunia