Lima Mitos yang Ditakuti Pendaki di Gunung Merbabu

Lima Mitos yang Ditakuti Pendaki di Gunung Merbabu

Mendaki Gunung Merbabu (foto: Erika Kurnia/Okezone)

GUNUNG Merbabu adalah salah satu gunung di Jawa yang dikeramatkan. Gunung indah di Jawa Tengah ini memiliki cerita-cerita angker yang kerap membuat pendaki ketakutan.

Seperti dikutip dari laman Kewisata.com, setidaknya ada lima mitos menyeramkan yang perlu diketahui.

Macan Merbabu

Bukannya macan yang sebenarnya, macan gaib konon juga ada di Merbabu. Hantu macan loreng diceritakan suka mengganggu dengan aumannya yang tidak berwujud.

Bahkan kabar kematian seorang wanita di gunung tersebut oleh gigitan makhluk buas pada 2008 menjadi kontroversial karena masyarakat yakin sudah tidak ada lagi macan di Merbabu.

Watu Gubug

Keangkeran Watu Gubug sudah familiar di mata pendaki, yang pernah atau biasa melalui jalur Thakelan. Batu tertumpuk menyerupai gua kecil di jalur tersebut konon menjadi pintu masuk kerajaan gaib di Gunung Merbabu. Tempat yang katanya sering didatangi untuk ritual, sering dijadikan pendaki untuk berteduh.

Setan Minta Gendong

Konon, di Pasar Setan yang dikenal sebagai Pasar Dieng Gunung Merbabu, sering ada setan yang minta gendong kepada pendaki. Makhluk halus tersebut akan duduk di atas tas pendaki dan tanpa disadari pendaki mengarahkan mereka ke puncak gunung.

Biasanya setan minta gendong memilih pendaki yang suka mengeluh dan muncul dengan mengeluarkan aroma wewangian yang menyengat.

(fid)
1 / 2

Baca Juga

Jalanan Mematikan di Dunia Resmi Dibuka Kembali <i>Lho</i>

Jalanan Mematikan di Dunia Resmi Dibuka Kembali Lho