Air Kelapa Bisa Memperlambat Penuaan dan Mengatur Kolesterol

Air Kelapa Bisa Memperlambat Penuaan dan Mengatur Kolesterol

Ilustrasi (Foto: Hellosehat)

BERUNTUNG Anda yang suka minum air kelapa. Pasalnya, air kelapa mempunyai manfaat besar bagi kesehatan, seperti mengatur kolesterol dan memperlambat penuaan.

Air kelapa mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari menyegarkan tubuh di kala haus, menambah elektrolit tubuh, bahkan dapat membantu menyembuhkan penyakit. Saat ini bahkan banyak produk air kelapa dalam kemasan dijual secara komersil. Hal ini karena dirasa banyak manfaat yang terkandung dalam air kelapa dan semua orang suka dengan rasanya. Rasa air kelapa pun berbeda dari air biasa, mempunyai cita rasa yang khas.

Lalu, mengapa terkandung banyak manfaat dalam air kelapa? Apa saja zat gizi yang terkandung di dalamnya?

Kandungan air kelapa

Tidak salah kalau air kelapa mempunyai manfaat bagi kesehatan karena kandungan zat gizi di dalamnya sangat baik bagi tubuh. Air kelapa mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa mempunyai kalori yang sangat rendah, juga rendah natrium, dan mengandung kalium yang tinggi daripada minuman olahraga, bahkan lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang.

Air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan dengan banyak minuman olahraga lain, minuman soda, dan beberapa jus buah. Selain itu, air kelapa juga bebas lemak dan kolesterol. Tidak salah jika beberapa atlet lebih memilih untuk minum air kelapa dibandingkan minuman olahraga saat latihan. Ternyata memang kandungannya lebih baik daripada minuman olahraga.

Selain itu, air kelapa juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam air kelapa, yaitu vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat, serta vitamin C tetapi kandungan vitamin C dalam air kelapa hanya sedikit, sekitar 2,4 mg. Kandungan mineral dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Kandungan mineral dalam air kelapa lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam jeruk.

Manfaat air kelapa

1. Memperlambat penuaan

Air kelapa dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jika Anda ingin awet muda, minum air kelapa mungkin menjadi salah satu caranya.

2. Mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol

Seperti dilansir dari bodyandsoul, penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

Air kelapa berguna saat Anda terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi. Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya.

4. Lebih baik daripada minuman olahraga (sports drink)

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Namun, untuk mengembalikan hidrasi agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak. Seperti dilansir webmd, menurut ahli gizi olahraga, Nancy Clark, air kelapa tidak akan mengembalikan hidrasi tubuh kecuali diminum dalam jumlah banyak. Selain itu, risiko untuk merasa mual, kenyang, dan sakit perut juga lebih sedikit jika minum air kelapa dibandingkan minuman olahraga.

Itulah beberapa manfaat dari olahraga. Tubuh jauh lebih segar setelah minum air kelapa, bukan? Kandungan elektrolit di dalamnya mampu menggantikan elektrolit yang hilang ketika beraktivitas. Air kelapa dibentuk dari proses alami dalam buah kelapa sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan minuman lain yang dibuat oleh industri. Air kelapa ini dapat menjadi alternatif minuman yang dapat menyehatkan tubuh.

(tty)

Baca Juga

Jangan Pernah Menyudutkan, Begini Cara Mengatasi Orang Depresi!

Jangan Pernah Menyudutkan, Begini Cara Mengatasi Orang Depresi!