Pesan Menkes untuk Calon Nakes 'Nusantara Sehat' demi Pertahankan Negara

Pesan Menkes untuk Calon Nakes 'Nusantara Sehat' demi Pertahankan Negara

Tenaga kesehatan di daerah tertinggal (Foto:Ilustrasi/Health)

TENAGA kesehatan (Nakes) yang tergabung dalam tim Nusantara Sehat memiliki tugas memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat. Mereka memang disebar oleh pemerintah di wilayah kepulauan, daerah tertinggal, perbatasan, hingga daerah yang memiliki masalah kesehatan.

Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) mengatakan, setiap anak muda harus andil mempertahankan negara Indonesia, terutama dalam hal menyejahterakan masyarakat. Apalagi di bidang kesehatan, setiap masyarakat belum tentu mendapatkan pelayanan yang baik.

"Saya kira kalau kita lihat, kita punya negara yang diperoleh dengan perjuangan. Setiap masyarakat wajib mempertahankannya dengan rasa bangga, termasuk anak muda," ujar Menkes Nila saat Publik Expose Membangun dari Pinggiran Melalui Lintas Sektor di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/2017).

 

(Twitter)

Setiap anak muda, menurut Menkes Nila, boleh bergabung menjadi Tim Nusantara Sehat demi memajukan pelayanan kesehatan, terutama di wilayah perifer. Mereka dapat mengabdikan dirinya untuk negara selama dua tahun.

"Tim Nusantara Sehat memang diletakkan di daerah terpencil untuk mengabdikan dirinya. Saya harapkan anak muda harus loyal kepada bangsa. Tolong diingat, bahwa negara kita harus dipertahankan," terangnya.

Kemudian, setiap tenaga kesehatan yang akan dikirim ke wilayah perifer diberikan pembekalan khusus, yaitu bela negara. Bukan tidak ada maksud, pembekalan ini diberikan dengan kesan baik yakni bagaimana caranya bertahan hidup di daerah yang sulit jangkauan.

Menkes Nila memberikan contoh, banyak mahasiswa meninggal dunia akibat dipukul oleh seniornya. Seharusnya tidak begitu, para senior harus memberikan kesan baik pada juniornya.

"Barangkali revolusi karakter mental yang kita tegakkan. Ini bela negara yang kita tegakkan bukan hanya angkat senjata. Tapi juga otak kita diangkat untuk loyal kepada bangsa," tukasnya.

(ndr)

Baca Juga

Jangan Pernah Menyudutkan, Begini Cara Mengatasi Orang Depresi!

Jangan Pernah Menyudutkan, Begini Cara Mengatasi Orang Depresi!