Moms, Ini Fakta-Fakta Unik Seputar Tendangan Bayi dalam Kandungan

Moms, Ini Fakta-Fakta Unik Seputar Tendangan Bayi dalam Kandungan

Ilustrasi (Foto: Medium)

BAGI para wanita hamil, ada sebuah perasaan bahagia ketika mengalami tendangan si kecil dalam kandungan. Ternyata ada fakta yang menarik di balik tendangan bayi di dalam kandungan seorang calon ibu.

Intip fakta tendangan bayi dalam kandung berikut, seperti diberitakan Thehealthsite, Kamis (12/1/2017).

Bukan sekadar tendangan

Disebut tendangan bayi, karena janin melakukan gerakan di dalam rahim. Bunda tidak perlu cemas saat bayi melakukan tendangan pertama kali, ini artinya ia mulai bertumbuh di dalam rahim.

Menanggapi lingkungan

Ketika bayi menanggapi apa yang terjadi di lingkungannya, Anda akan merasakan tendangan. Gerakan-gerakan ini adalah bagian dari perkembangan bayi normal. Menurut Dr Shantala Vadeyar, konsultan dokter kandungan, biasanya bayi yang bergerak atau menendang merupakan reaksi mereka terhadap rangsangan eksternal, seperti suara arau cahaya.

Menendang setelah Anda makan

Bayi yang sehat berkembang bisa saja menendang sekira 15 - 20 kali dalam sehari. Biasanya ia menendang setelah Anda makan atau menanggapi suara yang keras.

Bayi berusia sembilan minggu mulai menendang

Tendangan bayi dalam trimester kedua awal dapat diketahui melalui ultrasound. Dr Vadeyar mengatakan, seorang ibu dapat merasakan gerakan setelah 18 - 19 minggu. Ketika memasuki minggu ke-24, Anda akan sering merasakan tendangan di dalam perut.

Tendangan tidak menunjukkan masalah

Kadang0kadang bayi juga beristirahat dalam rahim selama 40 - 50 menit. Setelah minggu ke-36, mungkin bayi agak sulit menendang karena ruang rahim semakin sempit dan mendekati hari-hari jelang persalinan.

(hel)

Baca Juga

Gangguan Tiroid Bisa Sebabkan Hamil Anggur

Gangguan Tiroid Bisa Sebabkan Hamil Anggur