Selain Perubahan Payudara, Ini 15 Gejala Kanker Serviks

Selain Perubahan Payudara, Ini 15 Gejala Kanker Serviks

Ilustrasi (Foto: Hellosehat)

JANGAN anggap selepe setiap perubahan yang terjadi pada kesehatan Anda. Bisa jadi yang Anda rasakan adalah gejala kanker serviks.

Hingga 80% wanita akan terkena virus HPV dalam hidup mereka. Banyak jenis HPV dapat menyebabkan kanker, salah satunya kanker serviks, yang membuat banyak wanita merasa cemas dan takut.

Konsultasikan dan periksakan pada dokter jika Anda menyadari adanya perubahan yang tidak normal pada kesehatan Anda seperti berikut. Mungkin saja keluhan-keluhan berikut adalah gejala kanker serviks.

1. Sesak napas

Tidaklah lazim untuk sering merasa sesak napas. Meskipun bukan gejala yang khas dari kanker serviks, ini merupakan tanda yang memperingatkan bahwa kesehatan Anda mungkin akan memburuk. Jika Anda menyadari bahwa Anda merasa sesak napas lebih sering daripada biasanya atau untuk waktu yang lama, beri tahu dokter.

2. Maag atau gangguan pencernaan

Adalah normal untuk terkadang merasa tidak nyaman atau nyeri ringan setelah makan porsi besar makanan yang berlemak atau pedas. Namun, jika Anda sering mengalami heartburn (panas perut), maag, atau gangguan pencernaan, atau jika sangat menyakitkan, maka Anda harus menemui dokter.

3. Pedarahan Miss V yang tidak jelas penyebabnya

Pendarahan yang terjadi saat Anda sedang tidak haid adalah efek samping yang cukup umum dari pil KB. Namun, pendarahan dari Miss V setelah seks atau pasca menopause harus diperiksa dengan seksama oleh dokter.

3. Suara parau atau serak

Suara parau atau merasa sakit tenggorokan sering terjadi dalam pilek. Namun, jika Anda menderita suara parau yang tidak sembuh setelah beberapa minggu, temui dokter.

4. Kesulitan menelan

Banyak kondisi kesehatan yang berkaitan dengan nyeri ketika menelan. Namun, jika Anda mengalami kesulitan menelan dan masalah ini tidak menghilang setelah beberapa minggu, temui dokter.

5. Kembung membandel

Cukup lazim bagi wanita untuk mengalami kembung pada perut yang datang dan pergi. Namun, jika Anda merasa kembung selama beberapa minggu atau lebih, Anda harus menemui dokter.

6. Luka yang tidak kunjung sembuh

Kulit memperbaiki diri dengan sangat cepat dan luka apapun biasanya sembuh dalam sekitar satu minggu. Ketika bercak, kutil, atau koreng tidak sembuh setelah beberapa minggu, meskipun tidak berbahaya, Anda harus memeriksakannya pada dokter.

7. Keringat malam yang parah

Keringat malam dapat disebabkan oleh infeksi atau bisa jadi merupakan efek samping dari obat-obatan tertentu. Wanita dapat menderita keringat malam yang parah pada sekitar masa menopause. Namun, keringat malam yang sangat deras juga dapat menjadi tanda dari kanker dan harus diperiksa oleh dokter.

8. Sariawan di mulut atau lidah yang tidak kunjung sembuh

Adalah hal umum untuk terkena sariawan ketika Anda sedang tidak enak badan. Dinding mulut memperbaharui diri setiap sekitar dua minggu, yang mengapa sariawan biasanya sembuh dalam waktu ini. Namun, sariawan yang biasanya tidak sembuh setelah tiga minggu harus dilaporkan pada dokter atau dokter gigi.

9. Perubahan payudara yang tak lazim

Benjolan bukan satu-satunya perubahan payudara yang harus diberitahukan ke dokter. Perhatikan juga setiap perubahan pada ukuran, bentuk, atau perasaan pada payudara, perubahan dalam tekstur kulit, nyeri payudara, perubahan puting atau keluarnya cairan dari puting pada wanita yang tidak hamil atau menyusui. Pastikan dokter memahami perubahan Anda.

10. Tinja encer atau BAB lebih sering

BAB yang encer dan teratur biasanya dipicu oleh hama perut atau keracunan makanan, tetapi jika Anda menyadari adanya perubahan pada tinja yang lebih encer atau BAB lebih sering yang berlangsung selama 4-6 minggu atau lebih, maka sangat diperlukan untuk berkonsultasi pada dokter.

11. Darah pada urin

Darah pada urin harus selalu diperiksakan pada dokter. Biasanya hal ini tidak disebabkan oleh kanker dan bisa sembuh dengan cepat dan mudah, tetapi bisa juga ini merupakan tanda dari kanker. Dokter akan dapat memberi tahu Anda informasi lebih lanjut.

12. Darah pada tinja

Alasan paling umum dari adanya darah pada tinja adalah ambeien (wasir). Namun, darah pada tinja terkadang bisa jadi tanda dari kanker. Beri tahu dokter jika ini terjadi pada Anda.

13. Batuk berdarah

Jika Anda batuk berdarah, terlepas dari berapa banyak atau seperti apa warnanya, penting untuk periksa ke dokter. Ini mungkin sederhana, tetapi penting untuk memeriksakannya.

14. Rasa nyeri atau sakit yang aneh

Rasa nyeri adalah satu cara untuk mengenali bahwa ada sesuatu yang salah. Seiring bertambahnya usia, kita jadi lebih sering menderita sakit dan nyeri. Namun jika Anda mengalami nyeri yang semakin kuat dan tidak dapat dijelaskan, atau nyeri yang datang dan pergi selama lebih dari empat minggu, periksa ke dokter dengan segera.

15. Masalah buang air kecil

Masalah buang air kecil dapat termasuk hasrat untuk buang air kecil dengan mendesak, lebih teratur, tidak dapat buang air kecil di saat Anda perlu, atau menderita nyeri ketika buang air kecil. Ada banyak kondisi kesehatan yang menyebabkan gejala ini, tetapi penting untuk memberi tahu dokter jika Anda mengalaminya.

16. Benjolan atau pembengkakan tidak lazim di suatu tempat

Benjolan atau pembengkakan tidak lazim di bagian tubuh manapun harus dianggap serius, termasuk pada leher, ketiak, perut, pangkal paha, dada, payudara atau testis. Pergilah ke dokter untuk memeriksakannya.

Gejala di atas tidaklah khas untuk kanker. Ada banyak kondisi kesehatan yang menimbulkan gejala-gejala ini, tetapi penting untuk memberi tahu dokter jika Anda mengalaminya.

(tty)

Baca Juga

NGERI! <i>Nih</i> 9 Risiko Melakukan Implan Payudara

NGERI! Nih 9 Risiko Melakukan Implan Payudara