Langkah Jitu Bedakan Sneakers Asli atau Palsu

Langkah Jitu Bedakan Sneakers Asli atau Palsu

Sepatu sneakers (Foto: Certainvictory)

STREET fashion yang mengusung gaya simpel namun tetap chic dan elegan memang tengah naik daun. Hal ini akhirnya berpengaruh pada eksistensi sneakers di kalangan masyarakat urban belakangan ini.

Bahkan, tak sedikit yang rela mengocek kantung dalam-dalam untuk mendapatkan sneakers dengan harga yang cukup mahal. Namun sayang, ditengah ketenaran sneakers kini, banyak juga tangan-tangan jahil yang memalsukan produk sepatu yang mengusung kenyamanan tersebut.

Karenanya, jangan sampai tergiur dengan harga yang murah, berikut beberapa tips untuk mengetahui kualitas sneakers yang asli dan yang palsu sebelum membeli sebagaimana tips yang dibagi oleh Remon Nessa, seorang sneakershead (kolektor sneakers).

“Kalau mau bisa membedakan kuncinya memang harus kuasain juga bentuk sepatu aslinya bagaimana. Sepatu yang fake juga ada banyak macamnya ya, banyak yang bilang kualitas satu dua atau tiga ada juga yang premium. Ya apa pun namanya itu pasti palsu, pabrik dari sepatu original enggak mungkin mengeluarkan kualitas dengan nomor atau tingkatan,” tegas Remon kepada Okezone di Jakarta, Jumat 13 Januari 2017.

Sesuai apa yang dikatakan pria yang juga penyanyi Rapper dalam grup Sweet Martabak ini, untuk sneakers palsu yang paling rendah kualitasnya bisa mudah terlihat dari material dan warna.

“Misalnya kalau yang aslinya warna merah dan biru, yang palsu itu pasti birunya lebih pudar misalnya atau gelap. Itu sudah jelas palsu. Atau secara bentuknya, kalau yang asli lebih ramping yang palsu itu lebih gemuk, bisa juga sebaliknya,” paparnya.

Lalu ada pula kelas tengah, secara pandangan mata terlihat asli namun saat dipegang pasti akan terasa palsunya. Untuk beratnya juga relatif, ada yang berat ada yang ringan, Terkecuali untuk bahan leather, itu akan terasa sedikit berat dan saat dipegang pasti terasa perbedaannya.

Kemudian, ada sneakers palsu yang paling bisa membuat orang tertipu. Banyak orang yang menyebutnya dengan kualitas original premium, namun tetap saja jika Anda sneakershead sejati pasti akan menemukan perbedaannya.

“Nah iya, ada yang bilang sneakers fake kualitas premium ya? Itu sebenarnya adalah pekerja pabrik original yang mengambil template produk asli lalu dibuat home industri sehingga benar-benar mirip. Tapi ya itu dia, pasti ada celah, ada yang missed, seperti detail-detail dari sepatu aslinya sering terlewatkan,” jelas Remon.

Untuk membedakannya, misalnya, jahitannya lebar-lebar sedangkan kalau yang asli jahitan lebih rapat. Atau detail pada tali, ada detail bintik yang hanya bisa dikerjakan oleh mesin di pabrik sneakers orisinil.

“Kenapa ada yang missed? Itu karena sepatunya tidak orisinil bikinan pabrik yang asli. Jadi yang ga bisa ditiru itu alat pabrikannya, yang palsu biasanya buatan tangan, itu enggak bisa dibohongin,” pungkas Remon.

(dno)

Baca Juga

Gaya Syahrini hingga Prilly Latuconsina yang Stylish Pakai Tas Mini Seharga Puluhan Sampai Rp200 Juta!

Gaya Syahrini hingga Prilly Latuconsina yang Stylish Pakai Tas Mini Seharga Puluhan Sampai Rp200 Juta!