Ini Alasan Anda Harus Biasakan Anak Panggil Orangtua dengan Tradisi Indonesia

Ini Alasan Anda Harus Biasakan Anak Panggil Orangtua dengan Tradisi Indonesia

Pola asuh (Foto: Yougurbanmoms)

BERAGAM panggilan sayang ditujukan anak-anak kepada orangtuanya. Namun, semua itu biasanya tergantung pada bagaimana orangtua mengajari anaknya sejak kecil.

Mama dan papa, ayah dan bunda, atau bapak dan ibu adalah beberapa panggilan sayang untuk orangtua yang berlaku di Indonesia. Sedangkan mimi dan pipi adalah salah satu contoh sebutan untuk pasangan orangtua yang diciptakan secara kreatif untuk keluarga pribadi.

Meski kini sebutan untuk orangtua semakin beragam, Revalina S Temat mengaku tidak mengikuti panggilan yang kekinian. Ia membiasakan putra kecilnya, Rihga untuk menyebutnya sebagai ibu dan suaminya sebagai bapak.

"Kalau mama - papa sudah biasa. Kadang ada juga yang manggil mommy - daddy. Tapi kita enggak ah. Enakan dipanggil ibu sama bapak," tutur Revalina saat ditemui di sela acara talkshow ''Bye Worried We Are Happy Family'' yang diselenggarakan oleh Tabloid Mom&Kiddie di RSIA Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (14/1/2017).

Panggilan ibu dan bapak yang diinginkan Revalina bukanlah tanpa alasan. Sebab ia berpikir dua istilah itu menunjukkan tradisi asli Indonesia.

"Kita dipanggil ibu sama bapak aja. Kita ingin lebih Indonesia," ujar Revalina.

Revalina sendiri kini memiliki buah hati yang sebentar lagi usianya genap satu tahun. Karena itu, ia mulai mengajarkan anaknya untuk menyebut orang-orang terdekat. Sayangnya, ia harus rela sang anak baru bisa menyebut "bapak" dibandingkan "ibu".

"Padahal nyebut 'bapak' kan lebih susah. Tapi dia malah sudah bisa manggil 'bapak' duluan," pungkas Revalina tertawa.

(vin)

Baca Juga

Jangan Muluk-Muluk, <i>Gini Lho</i> Caranya Biar Dia Balas Pesan Anda

Jangan Muluk-Muluk, Gini Lho Caranya Biar Dia Balas Pesan Anda