Mengintip Misteri Patung di Bada Valley Poso Sulawesi Tengah

Mengintip Misteri Patung di Bada Valley Poso Sulawesi Tengah

Bada Valley di Poso Sulawesi Tengah(Foto:Instagram @efebrina/Majeslinto)

DESTINASI Bada Valley di Poso, Sulawesi Tengah, mungkin jarang terdengar di telinga traveler Indonesia, meski begitu di sana menyimpan misteri sejarah tak terungkap.

Di Bada Valley terdapat patung besar yang diyakini sudah ada sejak zaman megalitik. Patung tersebut menggambarkan bentuk - bentuk tubuh manusia.

 


Namun, masih banyak fakta misterius dibalik kehadiran patung besar ini. Yuk simak ulasannya sebagaimana dikutip dari Ancientorigin, Sabtu (14/01/2017).

 

Kesulitan menemukan waktu pembuatan megalitik ini

Pertama kali patung megalitik ditemukan yakni pada 1908. Meski sudah melewati masa 100 tahun lebih sejak ditemukannya, tetapi belum ada yang bisa menjawab kapan waktu ini dibuat hingga sekarang.

 


Beberapa banyak yang menyakini jika patung ini sudah ada sejak 5.000 tahun lalu. Tetapi ada juga yang percaya patung ini sudah ada 1.000 tahun lalu. Di sisi lainnya banyak juga yang mengaitkan jika patung megalitik ini berhubungan dengan budaya pembuatan megalitik di Laos dan Kamboja.

Tidak jelas siapa pembuatnya dan tujuannya

Tidak ada satupun yang mengetahui pembuat dari patung ini. Meskipun mereka sudah menyakini patung tersebut dibuat pada budaya megalitik di Asia Tenggara.

Tetapi peneliti menyorot keunikan patung megalitik di Bada Valley sangat unik, yang bisa jadi dibuat dengan budaya berbeda. Orang lokal di sana percaya jika patung itu dulunya digunakan untuk tempat sembahyang.

 


Selain itu, ada juga legenda lokal yang beredar jika megalitik yang dinamai sebagai Tokala'ea adalah perubahan seorang pemerkosa menjadi patung. Patung lainnya yang dinamai Tadulako dipercaya sebagai perwujudan pencuri beras di desa itu zaman dulunya.

 

Karakteristik bentuk patung

Bentuk patung di sana cukup unik. Di mana patung menggambarkan kehidupan tidak biasa dari manusia yang terlihat dari bentuk kepala lebih besar dibandingkan tubuh, dan juga tidak memiliki kaki. Sementara untuk wajah mata digambarkan kotak, dan garis untuk membuat alis, pipi dan dagu. Beberapa megalitik bahkan memiliki alat genital besar.


(ndr)

Baca Juga

Cari Tempat Main Air Seru di Bali? ke Sini <i>Aja</i>!

Cari Tempat Main Air Seru di Bali? ke Sini Aja!