Mantan Kekasih Jangan Dimusuhi, Bertemanlah dengan Bersikap seperti Ini

Mantan Kekasih Jangan Dimusuhi, Bertemanlah dengan Bersikap seperti Ini

Berteman dengan mantan kekasih (Foto: Sheknows)

PUTUS cinta apa pun sebabnya akan tetap menyakitkan. Namun bukan berarti Anda tak bisa berteman dengan mantan kekasih.

Untuk menjalin tali silaturahmi, tidak perlu memusuhi mantan kekasih. Justru Anda perlu legowo dan menjadikannya sebagai teman. Dilansir dari Sheknows, Kamis (19/1/2017), berikut beberapa tips berteman dengan mantan kekasih:

Jangan terburu-buru

Putusnya hubungan membuat seseorang merasa tersakiti dan gampang marah. Karena itu, tak perlu terburu-buru membangun persahabatan. Biarkan waktu berlalu sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk berhubungan kembali dengannya sebagai teman.

“Biarkan akibat dari perpisahan itu mereda sedikit dan lihat di mana Anda berdua berada,” ujar Christina Steinorth, seorang psikoterapi sekaligus pakar hubungan.

Damaikan hati

Untuk memulai pertemanan dengan mantan kekasih, Anda harus terlebih dulu merasakan damai dalam hati. Sehingga, rasa marah dan sakit sudah benar-benar hilang dari hati Anda. Ini akan membantu merasakan pertemanan tanpa harus terbawa perasaan masa lalu.

Jangan mengungkit masalah

Jika Anda sudah mantap berteman dengan mantan kekasih, jangan pernah mengungkit masalah yang Anda berdua miliki. Tidak perlu mengorek luka lama pada setiap pertemuan. Tinggalkan masalah masa lalu dan fokuslah pada persahabatan yang Anda jalin. Karena, mengungkit masa lalu hanya akan membuat luka lama terbuka kembali dan membuat pertemanan Anda berantakan.

Jangan saling menyalahkan

Saling menyalahkan pasangan sebagai penyebab perpisahan membuat seseorang membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk melakukan penyembuhan emosional. Oleh karena itu, tak perlu mengungkit kembali siapa yang salah dan benar.

“Untuk menjadi teman dengan orang yang pernah Anda cintai, salahkan hubungan, bukan orangnya. Ini akan membantu Anda melihat seseorang, bukan merasakan sakitnya,” kata Steinorth.

(vin)

Baca Juga

Dinding Beton Bikin Sumpek, Coba Dinding <i>Shiplap</i> Suasana Rumah Jadi Lebih Rileks

Dinding Beton Bikin Sumpek, Coba Dinding Shiplap Suasana Rumah Jadi Lebih Rileks